PT SRL Akan Berikan Penghargaan Kepada Desa Yang Bebas Dari Asap

id pt srl, akan berikan, penghargaan kepada, desa yang, bebas dari asap

PT SRL Akan Berikan Penghargaan Kepada Desa Yang Bebas Dari Asap

Bengkalis (Antarariau.com)- Pemerintah Desa di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau bersama PT Sumatera Riang Lestari (SRL) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) untuk mencegah bencana kabut asap dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah itu.

Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan H Herman di Bengkalis, Kamis, menyebutkan, penandatanganan kesepahaman (MoU) desa bebas api ini dilakukan seiring dengan niat perusahaan PT SRL untuk memberikan reward atau penghargaan kepada desa atau kelurahan yang bisa mempertahankan desanya tanpa adanya bencana asap dan kebakaran.

"Sebagai pilot project dalam program desa bebas api, perusahaan menunjuk Desa Sukarjo Mesim dan Kelurahan Pergam Kecamatan Rupat," ujarnya.

Adapun desa yang melakukan penandatanganan MoU tersebut adalah Desa Sukarjo Mesim dan Kelurahan Pergam yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai Dua Kantor Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bengkalis.

Dijelaskannya, program desa bebas api tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu juga untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dan perangkat desa dalam pencegahan kebakaran.

Untuk itu, lanjutnya lagi, perusahaan akan memberikan perhargaan senilai 100 juta rupiah, dengan masa penilaian selama empat bulan.

"Perhargaan ini nantinya tidak diberikan berupa uang tunai melainkan pemerintah desa membuat sebuah proposal berupa pembangunan infrastruktur atau pembelian peralatan yang dibutuhkan oleh desa atau kelurahan tersebut senilai Rp 100 juta," katanya.

Sementara itu, Plt Sekda Bengkalis H Arianto yang turut menyaksikan penandatanganan MoU tersebut memberikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap program yang dilakukan perusahaaan.

"Perusahaan dalam hal ini mengajak seluruh masyarakat desa secara bersama dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan dengan memberikan reward ke masyarakat. Kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggungjawab kita bersama," katanya.

Sekda juga berharap agar perusahaan-perusahaan lainnya yang ada di Kabupaten Bengkalis, membuat program yang sama, yang dilakukan oleh perusahaan SRL, sehingga Kabupaten Bengkalis ke depannya tidak lagi penyumbang bencana asap, melainkan daerah yang benar-benar bebas dari bencana asap.