Sosialisasi Peraturan Lalin Melalui Taman Bermain Masyarakat

id sosialisasi peraturan, lalin melalui, taman bermain masyarakat

Sosialisasi Peraturan Lalin Melalui Taman Bermain Masyarakat

Siak, Riau (Antarariau.com) - Taman Edukasi Lalu Lintas Tanjung Agung, Kabupaten Siak, Provinsi Riau resmi menjadi wadah bermain dan belajar bagi masyarakat untuk memahami peraturan-peraturan mengendarai kendaraan di jalan raya yang dilengkapi juga dengan gambar-gambar dan rambu-rambu Lantas.

“Kehadiran taman edukasi ini merupakan bentuk kepedulian, usaha dan kerja keras kita bersama dalam upaya peningkatan aspek keselamatan lalu lintas,” kata Bupati Siak Syamsuar saat memberikan sambutan peresmian taman edukasi Lantas Kabupaten Siak, Senin.

Syamsuar menjelaskan bahwa taman tempat bermain dan belajar anak-anak ini sangat luas dan terisi dengan gambar-gambar tentang peraturan-peraturan, serta rambu-rambu lalu lintas, sehingga memaksimalkan masyarakat untuk bisa belajar lebih banyak tentang Lalu Lintas.

"Anak-anak merupakan generasi penerus keluarga, bangsa dan negara, kepada mereka kita titipkan berjuta harapan dimasa yang akan datang. Namun tidak jarang perjalanan dan perjuangan mereka untuk meraih cita-cita justru harus terhenti, karena menjadi korban lakalantas yang tidak kita harapkan," ucapnya.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Siak ini, pada dasarnya keselamatan bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan juga kepolisian, namun juga tanggung jawab pengguna jalan dan masyarakat.

Dia juga menerangkan, taman yang di beri nama Taman Edukasi Lalu Lintas Tanjung Agung ini mempunyai luas dua hektar, yang dibangun pada tahun 2014-2015. Dengan biaya pembangunan sekitar Rp3,5 Miliar. Sementara posisi taman Lantas ini terletak tidak jauh dari Kantor Bupati Siak dan Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah yang juga merupakan icon Kabupaten Siak.

Dia menyampaukan, beberapa waktu yang lalu taman edukasi tersebut dikunjungi Kasubdit Promosi dan Kemitraan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI. Sewaktu kunjungan pihak Kemenhub berjanji akan membangun sejumlah fasilitas untuk melengkapi pengembangan taman. Seperti miniataru jalur kereta api dan pelabuhan, serta kawasan tempat bersepeda dan juga area pejalan kaki untuk kaum yang memiliki keterbatasan diri.

Taman Edukasi Lalu Lintas Tanjung Agung diresmikan oleh Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto didampingi Bupati Siak Syamsuar beserta Kapolres Siak AKBP Restika Pardamean Nainggolan, Ketua Pengadilan Negeri Siak Asmudi, Kajari Siak Zondri, dan Pabung Dandim Bengkalis tampak akrab. Kedatangan mereka disambut dengan tabuhan Kompang dan silat tanda penghormatan.

Tampak hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak TS Hamzah, Unsur Forkopimda Siak, sejumlah pejabat dilingkungan pemerintah kabupaten Siak, Ketua LAMR Siak, Serta tokoh–tokoh masyarakat dan para guru-guru.

Oleh: Nella Marni