Bandara SSK II Akan Miliki Dua Rute Internasional Dari AirAsia

id bandara ssk, ii akan, miliki dua, rute internasional, dari airasia

Bandara SSK II Akan Miliki Dua Rute Internasional Dari AirAsia

Pekanbaru (Antarariau.com) - Komite Operator Penerbangan (AOC) Pekanbaru menyatakan maskapai AirAsia yang terkenal dengan slogan low cost carrier atau berbiaya hemat akan membuka dua rute internasional di kawasan negara Asia Tenggara.

"Kita dapat informasi, dua rute internasional akan dibuka AirAsia dengan penerbangan langsung dari bandara Pekanbaru," ujar Ketua AOC Pekanbaru Wahyu Wijanarko di Pekanbaru, Selasa.

Saat ini, lanjutnya, manajemen AirAsia terutama perwakilan Pekanbaru, sedang kumpulkan data rute internasional baru untuk diterbangi langsung dari ibu kota Provinsi Riau itu.

Rute internasional yang dimaksud pihaknya adalah Penang-Pekanbaru pergi pulang dan Bangkok-Pekanbaru pergi pulang beberapa kali dalam sepekan menggunakan pesawat jenis Airbus A321 berkapasitas 185 kursi.

Tercatat 1 Agustus 2016, maskapai Indonesia AirAsia menutup rute domestik Bandung-Pekanbaru pergi pulang satu kali dalam sehari yang dioperasikan dengan pesawat jenis Airbus A320 berkapasitas 180 kursi.

Terakhir kali maskapai tersebut menghentikan operasi rute domestik lainnya yakni Pekanbaru-Medan pergi pulang satu kali dalam satu hari terhitung tanggal 1 Juli 2014.

"Kalau kita berharapnya, segera kedua rute itu diterbangi dalam waktu dekat. Tapi kembali lagi ke manajemen AirAsia sendiri. Karena kita sebagai AOC, cuma bisa kasih informasi," ucap Wahyu.

Pembukaan rute internasional di Asia Tenggara tersebut, sejalan dengan program AirAsia Asean Pass yang diperkenalkan oleh CEO Group AirAsia Tony Fernandes dua tahun lalu.

ASEAN Pass adalah salah satu program AirAsia, sehingga memungkinkan pengguna transportasi udara terbang ke-10 negara di Asia Tenggara dengan tarif murah.

Dengan sistem kredit, maka konsumen maskapai itu bisa tentukan sendiri tujuan dan rencana perjalan yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, Laos, Myanmar, Vietnam, dan tentunya Indonesia.

"ASEAN Pass adalah salah satu upaya kami dalam hubungkan negara-negara di ASEAN, khususnya jelang pemberlakuan ASEAN Open Sky 2015," tutur Kepala Komunikasi AirAsia Indonesia, Audrey Progastama Petriny.