Bupati Inhil Hadiri Penyaluran Zakat Konsumtif

id bupati inhil, hadiri penyaluran, zakat konsumtif

Bupati Inhil Hadiri Penyaluran Zakat Konsumtif

Tembilahan, (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Sar i menghadiri penyerahan zakat konsumtif kepada 6001 kepala keluarga tidak mampu yang ada di daerah itu.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir saya mengucapkan selamat datang kepada para peserta calon penerima zakat konsumtif Kabupaten Indragiri Hilir dan ucapan terima kasih kepada Bazda Inhil yang telah menyalurkan sebagian hasil pengumpulan zakat berupa zakat konsumtif bagi mustahik. Kepada para muzakki, baik perorangan atau dinas/ instansi/ badan/ bumd-bumn yang telah menyalurkan sebagian zakatnya melalui bazda kabupaten indragiri hilir kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," kata Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Sar i di Tembilahan, Senin.

Ia menyampaikan bahwa diberbagai daerah hingga luar negeri penyaluran zakat sudah sangat bervariasi dengan program-program yang lebih inovatif, seperti bantuan pola ekonomi produktif kepada para mustahik yang mempunyai usaha namun kesulitan dalam permodalan, maupun manajemen usaha, bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya kesehatan. Termasuk bantuan rehab rumah layak huni, seperti yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Kuantan Singingi.

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada pengurus Baznas Kabupaten Indragiri Hilir yang telah terus berinovasi dalam menyalurkan zakat-zakat yang telah terkumpul. Badan amil zakat merupakan suatu badan yang dibentuk untuk mengkoordinir, mengumpulkan dan menyalurkan zakat secara merata, sehingga penyaluran zakat perorangan tidak lagi menumpuk pada orang-perorangan," terangnya.

Ia menjelaskan bahwa kemajuan dan perkembangan pengelolaan zakat yang dilakukan oleh Baznas Inhil dari tahun ke tahun terus mengalami kemajuan. Hal ini juga didukung oleh semakin meningkatnya kesadaran kaum muslimin terutama dari kalangan ASN yang diambil dari penghasilan profesi. Hasil yang terkumpul ini sangat membantu bagi pengembangan ekonomi masyarakat dan secara bersinergi mendukung program-program pemerintah daerah Kabupaten Indragiri Hilir, seperti program magrib mengaji, peningkatan kesehatan, pendidikan maupun pengembangan usaha kecil," katanya. (ADV)