Susah Bawa dua Telepon Seluler, Coba Gunakan Coolpad Max

id susah bawa, dua telepon, seluler coba, gunakan coolpad max

Susah Bawa dua Telepon Seluler, Coba Gunakan Coolpad Max

Jakarta (Antarariau.com)- Produsen smartphone asal Tiongkok Coolpad meramaikan pasar ponsel high end Indonesia dengan membawa Coolpad Max pada Mei lalu.

Salah satu keistimewaan Coolpad Max ialah fitur Dual Space-nya yang memungkinkan pengguna benar-benar bisa memisahkan kehidupan personal dan profesional, tanpa perlu menggunakan dua smartphone berbeda.

Dengan Dual Space, pengguna juga bisa mengaktifkan dua akun Facebook, WhatsApp, BBM, Line, dan aplikasi lainnya dalam satu smartphone, berkat BiLogin.

Dengan desain yang elegan dan ergonomis, Coolpad Max diklaim terbuat dari 97 persen logam murni, dan untuk menambah durabilitas, Coolpad memanfaatkan 54 proses 10 CNC Milling.

Desain

Coolpad Max tampil dengan desain mewah berbalut metal berlapis warna gold. Selain tersedia pula dalam balutan warna rose gold. Dalam genggaman tangan, smartphone berlayar 5,5 inci ini terasa kokoh, dengan dimensi 152 x 75,5 mm, tebal 7,6 mm, dan bobot 170g.

Meski pada pandangan pertama akan terkesan mirip iPhone 6, kemewahan lain yang ditawarkan perangkat ini adalah layar 2,5D, dengan bagian belakang yang dipercantik dengan aksen dua garis horizontal yang berfungsi sebagai antena.

Selain teknologi 2,5D, nilai plus juga disajikan dari layar itu sendiri, resolusinya full HD. Layar ini dapat menyajikan kontras warna yang sangat pekat sehingga terkesan lebih kaya warna.

Pada layar bagian atas, di samping lensa kamera depan terdapat sensor dan juga lampu indikator notifikasi. Sementara tombol navigasi seperti menu, back, recent app, terletak di bagian bawah layar.

Tombol volume Coolpad Max berada di samping kiri smartphone. Slot SIM card dengan tipe Nano berada di atas tombol power. Perangkat tersebut mendukung dual slot SIM card dengan sistem hybrid bersama dengan slot MicroSD. Sedangkan di bagian atas smartphone terdapat lubang jack 3,5 mm untuk earphone.

Di bagian belakang, sensor kameranya terlihat sedikit menonjol, berada di tengah atas dengan lampu flash. Sementara modul sensor pemindai sidik jari sedikit cekung dan berada di bagian tengah, diikuti logo Coolpad di bagian bawah.

Sayangnya, karena ber-body metal, maka hawa panas dapat dengan mudah menyebar dan cepat terasa di tangan.

Software

Coolpad Max telah menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan tampilan Cool UI 8.0 theme yang sederhana namun terkesan mewah.

Fitur Dual Space yang menjadi salah satu andalannya, menjadikan pengguna seperti memiliki dua smartphone. Akun pertama bisa digunakan seperti biasa, sedangkan untuk menggunakan akun kedua, Anda bisa menggunakan aplikasi Private Space.

Jika sudah mengaktifkan akun di smartphone, maka Anda sudah bisa menginstal aplikasi yang sama di kedua akun ini. Misalnya, menginstal dua aplikasi WhatsApp dengan dua nomor yang berbeda.

Selain aplikasi, data-data seperti musik, video dan foto pun akan terpisah di masing-masing akun ini. Jadi foto-foto di akun pertama tidak akan nampak pada akun kedua, begitu pun sebaliknya.

Tidak sembarang orang juga dapat mengakses akun kedua. Anda dapat melindunginya dengan proteksi pemindai sidik jari. Jika Anda melihat bagian belakang Coolpad Max, ada sebuah bulatan yang ternyata adalah sensor sidik jari. Sensor ini bisa menyimpan lima sidik jari dan bisa bekerja cepat kurang dari satu detik.

Selain fitur Dual Space, Coolpad Max turut ditunjang dengan fitur utility all in one bernama Cool Manager. Melalui aplikasi ini pengguna bisa mengoptimalkan kapasitas storage yang terpakai. Memblokir telepon dan sms, memindahkan aplikasi ke microSD hingga fungsi anti virus.

Hardware

Coolpad sendiri menempatkan smartphone ini di kelas flagship. Gelar flagship Coolpad Max berasal dari fitur eksklusif dengan storage jumbo 64GB yang masih bisa ditambah dengan microSD, serta dukungan RAM 4GB.

Dengan adanya fitur dual space storage Coolpad Max secara otomatis terbagi menjadi dua. Satu bagian untuk akun dan profile pertama, satu bagian lagi untuk akun kedua.

Meski demikian, spesifikasi yang dihadirkan Coolpad Max terbilang sederhana. Perangkat tersebut dibekali prosesor SoC Snapdragon 617 (1.5GHz Octa-Core Cortex A53 + GPU Adreno 405) sebagai dapur pacunya.

Jika dibandingkan dengan perangkat berpredikat flagship lainnya, chipset tersebut bisa dikatakan tertinggal. Misalnya, Samsung membekali perangkat andalan terbarunya, Galaxy S7 dengan chipset Snapdragon 820.

Pengujian Antutu Benchmark menunjukkan skor 53861, berada dalam urutan setelah Xiaomi Mi 4S dan sebelum Meizu MX5. Sementara hasil pengujian menggunakan aplikasi PCMark, ponsel tersebut dapat terus standby selama 8 jam 10 menit.

Untuk kapasitas baterai, perangkat ini memiliki baterai berkapasitas 2800mAh, sedikit di bawah perangkat flagsihip saat ini yang rata-rata memiliki kapasitas daya baterai 3000mAh.

Meski demikian, smartphone tersebut sudah dibekali fitur fast charging yang memungkinkan pengisian baterai dalam lebih cepat. Dari hasil tes ANTARA News, dari daya baterai benar-benar habis (smartphone mati tanpa daya) hingga terisi 100 persen dibutuhkan waktu pengisian 1 jam.

Fitur unggulan lainnya yang dimiliki Coolpad Max adalah sensor pemindai sidik jari. Sensor tersebut berguna untuk meningkatkan keamanan termasuk untuk Private Space sehingga orang lain tidak bisa mengakses data Anda di akun ini. Saat dicoba ANTARA News, sensor dapat dengan cepat dan akurat membaca sidik jari.

Kamera

Senjata andalan Coolpad Max lainnya berada pada kameranya. Dengan resolusi 13MP berdiafragma f/2.0 yang diperkuat teknologi ISOCELL CMOS, memungkinkan untuk menghadirkan lebih banyak cahaya dalam proses pemotretan. Kamera utamanya mampu menghasilkan rata-rata hasil foto yang bersih, ditambah mode manual yang ditawarkan.

Lensa 6P yang dimanfaatkan Coolpad juga mampu meminimalisir distorsi warna untuk menghadirkan foto yang berkualitas. Selain itu, Coolpad Max juga dilengkapi dengan teknologi Phase Detection Auto Focus (PDAF) untuk fokus yang lebih cepat dan Dual Tone LED flash untuk membuat hasil foto lebih natural.

Sedangkan untuk penyuka selfie, Coolpad Max ditunjang kamera 5MP dengan fitur beautify yang cukup lengkap, namun sayangnya ketika memotret di dalam ruangan kurang cahaya, kamera depannya menghasilkan noise yang cukup tinggi.

Kesimpulan

Desainnya yang mewah dan fitur andalannya menjadi daya tarik utama Coolpad Max. Namun, dengan harga Rp4.999.000, Coolpad Max terbilang cukup mahal, terlebih jika dilihat dari segi spesifikasinya.

Meski demikan, bagi Anda yang ingin simpel menyatukan aktivitas kerja dan pribadi dalam satu perangkat, Coolpad Max dengan fitur dual-space sangat direkomendasikan.