Disangka Ledakan Bom, Ternyata Itu Dentuman Pesawat F16

id disangka ledakan, bom ternyata, itu dentuman, pesawat f16

Disangka Ledakan Bom, Ternyata Itu Dentuman Pesawat F16

Pekanbaru (Antarariau.com) - Masyarakat Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dikejutkan dengan suara dentuman keras yang berasal dari latihan terbang pesawat F16 yang berasal dari Skadron 16 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Senin siang.

"F16 adalah pesawat Super Sonic yang mampu terbang dua kali kecepatan suara. Jadi suara itu dihasilkan karena Shock Wave atau gelombang kejut akibat pesawat menembus kecepatan suara," jelas Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsekal Pertama Henri Alfiandi kepada wartawan di Pekanbaru.

Ia mengatakan dentuman suara itu terjadi saat pesawat sedang "test flight" atau latihan terbang di "Aerodrome" atau ruang udara yang digunakan untuk suatu latihan militer.

Kadis Ops Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin (Lanud RSN) Kolonel Pnb Yani Amirullah mengatakan pesawat F16 yang menghasilkan dentuman keras itu baru saja selesai perawatan untuk kemudian melakukan latihan terbang.

"Jadi bukan latihan, melainkan pesawat itu baru selesai maintenance dan dilakukan test flight," jelas Yani.

Suara dentuman keras tersebut cukup mengejutkan karena berdasarkan pengakuan sejumlah warga, terutama tinggal di kawasan Panam atau dekat dengan area Lanud RSN menimbulkan getaran bangunan rumah.

"Dengar satu kali dan sempat menimbulkan getaran rumah," kata salah seorang warga Panam, Kecamatan Tampan, Imelda Yusra.

Hal senada disampaikan warga lainnya, Ilham, yang mengatakan suara tersebut terdengar hingga sekitaran Jalan Jenderal Sudirman.

"Sempat kaget karena langit cerah tapi kemudian ada suara dentuman seperti petir," kata Ilham.

Hal serupa juga disampaikan Retmon. Ia yang pada saat kejadian tengah berada di kantornya di kawasan Jalan Sumatera sempat kaget mendengar dentuman tersebut.

"Saya pikir itu bunyi bom", jelasnya.