Antisipasi Longsor Jalur Mudik Sumbar, Dishub Riau Siapkan Alat Berat

id antisipasi longsor, jalur mudik, sumbar dishub, riau siapkan, alat berat

Antisipasi Longsor Jalur Mudik Sumbar, Dishub Riau Siapkan Alat Berat



Oleh Diana Syafni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Provinsi Riau menyoroti beberapa titik rawan longsor sebagai antisipasi untuk mecegah kemacetan saat Hari Raya Idul Fitri pada 6 Juli mendatang.

"Titik rawan longsor seperti jalan lintas yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Riau akan disiagakan alat berat," kata Kepala Dishub Riau Rahmat Rahim di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakannya, penyediaan alat berat di titik rawan longsor sebagai antisipasi jika bencana tersebut terjadi tentu akan menutup jalan bisa segera dibuka kembali untuk menghindari kemacetan panjang.

"Di Jalur di Kiliran Jao, dekat Taluk Kuantan ini pun akan kita siagakan alat berat untuk bisa dilalui pemudik dengan lancar," sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga akan membentuk tim yang dapat turun langsung mencermati beberapa titik rawan dan melihat kondisi dilapangan seperti kondisi jalan rusak.

"Tim terpadu ini nantinya akan mengecek setiap titik rawan. Selain memasang rambu tambahan dan spanduk sejumlah lubang di jalan lintas juga akan ditambal,"

Dishub menggesa kontraktor dan pemerintah setempat untuk segera mebenahi jalan rusak segera diperbaiki, karena mulai H-10 sampai H + 10 kontraktor tidak diperbolehkan lagi mengingat volume kendaraan akan naik pada waktu tersebut.

" Bila tahapan kerja belum selesai, kontraktor tolong amankan proyek jalan tersebut. Jika ada besi-besi jalan yang terlihat harus memberi papan peringatan agar tidak membahayakan pengendara," ujarnya.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Dishub bersama badan terkait melakukan antisipasi di jalur darat, laut maupun udara.

"Selain mengatur mudik, rambu-rambu juga penting untuk menghindari kecelakaan. Pengendara bisa mengatur dan siaga dengan kecepatannya bila melintasi jalur yang macet ataupun berlobang," sebutnya.