Riau siaga alat berat di perbatasan antisipasi longsor

id Bpbd Riau

Riau siaga alat berat di perbatasan antisipasi longsor

Dokumen - Seorang petugas mengawasi pekerja dengan alat berat meratakan tanah longsor yang menutupi badan jalan. ANTARA/HO

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau menyiagakan sejumlah alat berat seperti loader dan ekskavator atau mesin pengeruk di daerah perbatasan dengan Sumatera Barat (Sumbar) yakni di XIII Koto Kampar dan Lubuk Jambi untuk mengantisipasi terjadinya longsor yang bisa terjadi.

"Sejumlah alat berat disiagakan di dua daerah perbatasan tersebut, lebih untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor, akibat masih tingginya curah hujan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Edwar, untuk operasional alat berat itu, BPBD melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) termasuk Dinas Perhubungan Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar.

"Upaya menyiagakan alat berat tersebut, sebagai upaya gerak cepat sehingga ketika terjadi bencana longsor, alat berat langsung bekerja membersihkan material tanah dan baru-batu di badan jalan, akibat longsor yang dapat mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Upaya ini penting dilakukan, sebagai bentuk antisipasi dan setelah ada longsor alat berat yang telah disiagakan bisa langsung bekerja, dan arus lalu lintas pun cepat dibuka," kata Edwar.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar