Disambut Rebana dan Silat, Bupati Pelalawan Potang Mogang di Langgam

id disambut rebana, dan silat, bupati pelalawan, potang mogang, di langgam

Disambut Rebana dan Silat, Bupati Pelalawan Potang Mogang di Langgam

Oleh Agustine Sri Pamungkas

Pelalawan, (Antarariau.com) - Bupati Pelalawan menghadiri acara belimau kasai potang mogang di keluarahan Langgam beserta Wakil Bupati hari ini.

Bupati dan Wakil Bupati beserta rombongan disambut meriah dengan rebana dan pencak silat. Tidak ada statemen yang keluar dari Bupati sampai prosesi ini selesai dilakukan. Ini merupakan puncak rangkaian kegiatan dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 28 mei-2 juni di Kelurahan Langgam.

Seperti yang dikatakan oleh Camat Langzgam, kegiatan ini adalah acara tahunan dan merupakan tradisi turun temurun.

"Ini merupakan iven tahunan dan tahun ini Langgam ingin memperkenalkan diri sebagi ikon wisata religi dan wisata adat di Kabupaten Pelalawan,"kata Camat Langgam Sugeng Wiharyadi, Kamis.

Langgan merupakan daerah yang masih sangat memegang teguh adat istiadat melayu.

Ia mengatakan ada dua adat besar di wilayahnya yaitu adat pesisir melayu dan adat petalangan.

Untuk adat pesisir berkesinambungan dengan melayu Johor di Malaysia sementara untuk masalah keturuan untuk menentukan garis keturunan dalam hal meneruskan kebatinan, adat petalangan menggunakan garis keturunan ibu, adat pesisir menentukan garis keturunan berdasarkan bapak.

"Acara ini selain untuk menjalin silatirahmi dengan seluruh kebatinan yang ada di Langgam juga untuk melestarikan adat,"tuturnya.