Penumpang Meningkat Liburan Akhir Pekan ini, Pelabuhan Tambah Armada Dumai-Melaka

id penumpang meningkat, liburan akhir, pekan ini, pelabuhan tambah, armada dumai-melaka

Penumpang Meningkat Liburan Akhir Pekan ini, Pelabuhan Tambah Armada Dumai-Melaka

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Perusahaan jasa feri penumpang di Pelabuhan Dumai, Provinsi Riau, menambah dua armada kapal untuk melayani peningkatan penumpang datang dan pergi tujuan internasional Dumai-Malaka Malaysia pada musim liburan akhir pekan ini.

Pengurus Feri Dumai Ayong menyebutkan, lonjakan penumpang liburan mulai terjadi sejak Kamis (5/5) terutama untuk rute kedatangan dan keberangkatan Dumai-Malaka dan Minggu ini merupakan puncak arus balik liburan.

"Penumpang rute internasional Dumai Malaka melonjak dua kali lipat untuk datang atau pergi sehingga dilakukan penambahan armada kapal," kata Ayong, di Dumai, Minggu.

Untuk pelayanan jasa kapal feri rute luar negeri dan domestik pada hari normal biasanya perusahaan hanya mengoperasikan satu kapal, namun karena bertepatan libur maka memberlakukan penambahan armada guna melayani penumpang.

Sedangkan untuk rute lokal pulang pergi seperti Dumai-Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Batam serta beberapa daerah di Provinsi Kepulauan terpantau tetap normal sama dengan hari biasa.

Peningkatan penumpang kapal feri juga terjadi pada penyeberangan Roro Dumai-Tanjung Kapal Kepulauan Rupat Bengkalis pada musim liburan ini karena pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) menambah jadi tujuh trip jasa pelayanan kapal Kakap dari biasa hanya empat trip.

Sementara untuk pelayanan penyeberangan Roro dengan kapal Pare yang berkapasitas lebih kecil dibanding Kakap ditambah jadi lima trip dari hari biasa hanya empat trip.

"Pelayanan kapal kita tambah karena hari ini puncak akhir liburan dan supaya semua dapat terlayani dengan baik," ujar Kepala ASDP Dumai-Tanjung Kapal Rupat Sugito Saputro.

Dijelaskan, kapal Pare memiliki kapasitas angkutan penyeberangan 100 penumpang orang, sembilan mobil pribadi dan 25 sepeda motor, sedangkan kapal Kakap bisa memuat 100 lebih orang, 15 mobil dan 40 sepeda motor.

Pada hari biasa Senin-Jumat, ASDP mengoperasikan dua kapal penyeberangan dengan tiga trip keberangkatan dan kedatangan, sedangkan Sabtu Minggu atau akhir pekan sebanyak empat trip.