Kuansing Masuk Nominasi Adipura dari Riau Bersama 3 Daerah Lainnya

id kuansing masuk, nominasi adipura, dari riau, bersama 3, daerah lainnya

Kuansing Masuk Nominasi Adipura dari Riau Bersama 3 Daerah Lainnya

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau terpilih menjadi salah satu nominasi peraih Adipura se Indonesia tahun 2016.

"Tim sudah selesai menilai dan mengevaluasi tahap akhir, pengumuman perolehan pada Juni mendatang," kata Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan Kuantan Singingi Azhar di Teluk Kuantan, Selasa.

Kepala Dinas mengatakan, beberapa kali dilakukan penilaian secara rinci dan terpadu oleh tim Adipura dari pusat dengan menggandeng sejumlah instansi terkait ternyata hasil akhir Kabupaten Kuansing lolos dan dinyatakan masuk nominasi peraih penghargaan tertinggi itu sebagai kota terbersih.

Tim telah memverifikasi, untuk di Riau hanya empat kabupaten yang dinyatakan lolos yakni Kota Pekanbaru, Bengkalis, Siak dan Kuantan Singingi yang masuk tahap akhir dari sejumlah item yang dinilai dengan perolehan nilai di atas 74 poin.

"Kami yakin Kuansing bakal meraih penghargaan Adipura yang dibanggakan semua pihak," sebutnya.

Menurut Azhar, ada empat titik yang diverifikasi oleh tim yakni berkaitan dengan Tempat Panampungan Akhir (TPA) sampah, Pasar dan Sungai serta Sistim pengolahan sampah perkotaan, itu semua telah lolos mendapatkan nilai tinggi.

Namun demikian saran dari tim, Kuansing harus menghijaukan daerah perkotaan, karena jika mendapatkan penghargaan Adipura maka daerah ini bakal banyak yang datang untuk menggali ilmu, tentunya menjadi kunjungan dan study banding dari berbagai kota di Indonesia.

"Karena itu saat ini sedang digalakkan penghijauan itu seperti penanaman pohon di pot sepanjang perkotaan," ulasnya.

Inti dari penilaian dati tim Adipura adalah tentang kebersihan, keindahan untuk itu semua pihak diharapkan mampu menjaga itu semua agar kuansing kedepan menjadi kota terbersih dan bisa mempertahankannya dengan baik.

Provinsi Riau ikut membantu pengolahan sampah dengan mengucurkan dana mencapai Rp2 miliar tahun 2016, kegiatan yang dibangun adalah peningkatan fasilitas TPA agar lebih baik dan permanen, pihak kementrian PU pusat juga menilai dibutuhkan lebih dari 17 unit kendaraan sampah agar Kota Teluk Kuantan bisa bersih.

(ADV)