Menikmati Teh Ajaib Kombucha

id menikmati teh ajaib kombucha

Menikmati Teh Ajaib Kombucha

Jakarta, (Antarariau.com)– Bagi Anda penggemar minuman sehat, jangan lupa mencoba kombucha. Kombucha yang pada dasarnya merupakan teh adalah minuman yang mengandung banyak manfaat.

Menurut Pendiri Juara Skincare Metta Murdaya, kombucha sendiri sebenarnya telah ada lebih dari 2.000 tahun di dunia pengobatan timur. Kombucha dibuat dengan menggabungkan teh hijau atau teh hitam, bakteri baik, ragi, dan gula. Bahan-bahan ini nantinya akan bercampur dan berfermentasi yang menyebabkan terbentuknya gumpalan jamur.

“Kombucha mempunyai banyak manfaat dan sering juga disebut sebagai "Teh Kesehatan," "Teh Vitalitas," atau "Teh Ajaib." Kegunaan kombucha sangat banyak dan bahkan sering dijadikan sebagai bahan utama dalam produk kesehatan dan kecantikan karena kandungan antioksidan dan vit B yang banyak,” ujar Metta.

Metta pun membagikan resep untuk membuat teh kombucha.

Bahan yang dibutuhkan

2 liter air bersih

30 gram teh hijau atau teh hitam

Teh kombucha yang sudah asam sesuai selera

Jamur Kombucha.

Cara membuat

1. Rebus kurang lebih 0,5 liter air dalam panci stainless atau panci email. Setelah air mendidih, masukkan daun teh kedalamnya, biarkan selama 2-3 menit.

2. Saring daun teh dan tambahkan 1,5 liter air dingin agar teh menjadi cepat dingin.

3. Setelah temperatur sama dengan suhu ruang, pindahkan cairan teh tersebut kedalam wadah kaca sambil disaring.

4. Masukkan teh kombucha dan kemudian masukkan jamur kombuchanya.

5. Tutup wadah, namun biarkan udara tetap masuk karena jamur kombucha butuh udara luar agar bertumbuh. Namun, ingat bahawa lalat buah sangat menyukai aroma dari kombucha sehingga Anda harus yakin bahwa Anda sudah menutupnya rapat-rapat.

6. Simpan wadah di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung karena sinar ultraviolet akan membunuh bakteri dari kombucha.

7. Diamkan selama 7-12 hari dan teh kombucha bisa dipanen. Apabila dirasakan kurang asam, Anda bisa melanjutkan mendiamkannya kembali 1-2 hari lagi.

8. Pada setiap wadah teh yang dipanen, Anda akan menemukan “Baby Kombucha”, yang berupa lapisan tipis diatas jamur kombucha yang lama. Pisahkan “Baby Kombucha ini” didalam wadah kaca terpisah. Baby kombucha ini bisa dijadikan bibit untuk membuat teh kombucha yang baru.

Sumber: Gohitz