Disdik Inhu Minta Seluruh Sekolah Sediakan Genset Selama UN Berlangsung

id disdik inhu, minta seluruh, sekolah sediakan, genset selama, un berlangsung

Disdik Inhu Minta Seluruh Sekolah Sediakan Genset Selama UN Berlangsung

Rengat, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau meminta seluruh sekolah menyiapkan mesin genset listrik selama Ujian Nasional (UN) untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik dari PLN.

"Kami berharap pihak sekolah memahami hal itu," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Indragiri Hulu Ujang Sudrajat di Rengat, Minggu.

Ia mengatakan pelaksanaan UN tidak boleh terhambat hanya karena lampu mati, karena ujian ini dilaksanakan secara serentak oleh karena itu sekolah dapat mengantisipasinya dengan menyediakan mesin ginset.

Semua persiapan dilakukan oleh Disdik dan jajarannya harus optimal, namun demikian pihak sekolah juga harus tanggap darurat jika terjadi pemadaman listrik secara mendadak, katanya.

"Namun demikian, semua berharap pada saat pelaksanaan UN tidak ada pemadaman," katanya.

Ketua UN Indragiri Hulu Mursidi mengatakan Dinas Pendidikan telah melakukan persiapan dalam menghadapi UN tingkat SMA yang akan dilaksanakan pada Senin (4/4).

Untuk mengantisipasi gangguan selama berjalannya UN, pihaknya juga telah menyampaikan surat kepada pihak PLN Area Rengat agar tidak melakukan pemadaman listrik selama pelaksanakan UN.

"Permohonan disampaikan ke PLN agar tidak melakukan pemadaman listrik khususnya pada titik-titik sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," ujarnya.

Manajer PLN Area Rengat Kemas Abdul Gaffur telah menyiapkan mesin genset untuk disiagakan di beberapa sekolah yang membutuhkan listrik pada pelaksanaan UN.

"Kami sudah menyiapkan beberapa unit mesin genset," ucapnya.

Menurutnya, mesin itu akan disiagakan bersama petugas PLN di beberapa sekolah terutama di sekolah yang melaksanakan UNBK,

Ini dilakukan sebagai antisipasi pemadaman listrik jika terjadi gangguan jaringan, katanya.