PIKR SMA Muhammadiyah Wakili Kampar Tingkat Provinsi

id pikr sma, muhammadiyah wakili, kampar tingkat provinsi

PIKR SMA Muhammadiyah Wakili Kampar Tingkat Provinsi

Bangkinang Kota, (Antarariau.com) - Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja (PIKR) SMA Muhammadiyah masuk nominasi mewakili Kabupaten Kampar mengikuti lomba ke untuk Jalur Pendidikan Tingkat Provinsi Riau.

"PIKR Twitter SMA Muhammadiyah Bangkinang Kota ini adalah juara I tingkat Kabupaten Kampar dan mewakili untuk lomba tingkat Provinsi Riau menuju tingkat nasional," kata Drg Awal Haenniwati mewakili Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Kampar, Edi Aprizal saat pembukaan penilaian kegiatan itu menyambut kedatangan tim penilai di PIKR Twitter SMA Muhammadiyah Bangkinang Kota, Rabu (30/3) di

Dia katakan, tanpa peran serta keaktifan siswa SMA Muhammadiyah BKBPP tidak berarti apa-apa, karena itu kreativitas PIKR ini menentukan keberhasilan dalam lomba ini.

"Hal positif yang dapat dipetik melalui lomba PIKR dapat menghindari efek samping bahaya narkoba, pergaulan bebas dan pernikahan dini, maka saya berharap terhindar dari yang tidak diinginkan," kata Awal.

Dia menjelaskan bahwa BKBPP pada 11 April mendatang akan melaksanakan Ajang Prestasi Remaja (APR) yang akan diikuti PIKR sekabupaten Kampar, "Insya Allah yang ikut lomba hari ini akan jadi utusan ke tingkat Provinsi Riau," ujarnya.

Kepala Bidang Bina Lini Lapangan BKBPP ini menyatakan rasa syukur karena PIKR SMA Muhammadiyah sudah merangkul kecamatan lain, sehingga semakin aktif dapat menjadi bagian penilaian menang, namun yang tidak mesti banyak-banyak yang penting proaktif serta kreatif, biar sedikit asal bermutu.

Tim penilai dari BKKBN Perwakilan Provinsi Riau diketuai oleh Armel Oza. Mereka melakukan penilaian kelengkapan administrasi, ketersediaan sekretariat, pelaporan, konseling, data-data penyuluhan, kemampuan menyuluh, mitra, binaannya, adanya MoU dengan pihak terkait misal Puskesmas, kepolisian.

"Pada PIKR ini yang sangat penting bagaimana bisa mampu membangkitkan semangat remaja lebih kreatif, proaktiv dan dapat membangun mental yang kuat, sehingga mereka kelak menjadi generasi yang kokoh, berani tampil dihadapan umum dengan berani serta percaya diri dan berkualitas," kata dia.

Dia sampaikan bahwa dengan PIK Remaja ini bisa mawas diri, menjaga diri dalam mencapai cita-cita, "Jadi anak harus punya cita-cita dan jangan takut bermimpi, karena mimpi itu akan jadi kenyataan, maka ditulis sejak sekarang sehingga kelak dapat mencapai harapan dan cita-cita, karena kita sendiri yang menentukan cita-cita," kata dia.

Dia mengakui berdasarkan pengamatan bahwa anak-anak yang aktif mengikuti PIKR lebih mumpuni dalam membangun mental dan rasa percaya diri, karena itu remaja harus kreatif, jangan biarkan dizona nyaman.

Abu Nawas, mewakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar mengucapkan selamat dan sukses semoga dapat mewakili Riau ke tingkat Nasional,

"Dinas siap memberikan berbagai bantuan, mudah-mudahan harapan dapat diwujudkan apalagi prestasi yang luar biasa telah ditirehkan SMA Muhammadiyah selama ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah, Muhammad Yunus menyampaikan sederet prestasi yang pernah diraih siswanya pada tahun 2015 sampai ke tingkat nasional.

"Prestasi yang pernah diukir siswa SMA Muhammadiyah ini cerminan anak-anak yang punya cita-cita yang ingin sukses, alhamdulllah anak-anak sudah menuliskan cita-citanya," kata Yunus. (adv)