Bengkalis Raih Peringkat 2 Pameran Display Grand Strategi Sanitasi se-Riau

id bengkalis raih peringkat 2 pameran display grand strategi sanitasi se-riau

Bengkalis Raih Peringkat 2 Pameran Display Grand Strategi Sanitasi se-Riau

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, meraih peringkat kedua dalam Pameran Display Grand Strategi Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), di Pekanbaru, Provinsi Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Moh Syukri di Bengkalis menyebutkan bahwa implementasi STBM telah memberikan perkembangan sanitasi tingkat Kabupaten Bengkalis sangat baik, bahkan tingkat Propinsi Riau.

“Bengkalis termasuk salah satu kabupaten memberikan nilai daya ungkit perkembangan akses sanitasi tingkat propinsi secara signifikan,” kata Moh Syukri di Bengkalis.

Ia mengatakan, Dinas Kesehatan Provinsi Riau memberikan apresiasi kepada Kabupaten Bengkalis dengan beberapa katagori prestasi tahun 2016 yaitu Bengkalis terbaik ketiga Sanitasi se Propinsi Riau, Bengkalis rangking 1 data perkembangan desa STBM Se-Riau dan Terbaik 2 Pameran display Saniatsi menuju capaian universal akses sanitasi 2019.

"Untuk Propinsi Riau di tingkat nasional termasuk katagori level 2 dan penggunaan smart STBM tentang Proporsional sebaran STBM Smart teraktivasi meraih rangking 4 se Indonesia," ujarnya lagi.

Menurut dia, perencanaan Grand Stategi Program STBM tahun 2019 digunakan dalam program nasional dan daerah pembangunan sanitasi yang dipilih untuk memperkuat upaya membudidayaan hidup bersih dan sehat, mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan seperti diare, kecacingan, penyakit mata, penyakit gatal-gatal.

"Selain itu grand strategi juga merupakan budaya dan inovasi penting untuk metode pembelajaran untuk mewujudkan kondisi sanitasi secara total pendekatan berbasis masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, STBM merupakan inovasi yang telah berhasil menggerakkan berbagai unsur baik dari masyarakat, aparat desa dan sanitarian, bidan desa dan pengelola STBM Kabupaten dan Fasilitaor Kabupten dan Pokja AMPL terhadap perubahan perilaku hidup sehat.