Lantik Dewan Kesenian Daerah Rohil, Bupati Minta Dibentuk Setiap Kecamatan

id lantik dewan, kesenian daerah, rohil bupati, minta dibentuk, setiap kecamatan

Lantik Dewan Kesenian Daerah Rohil, Bupati Minta Dibentuk Setiap Kecamatan

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Bupati Rokan Hilir, Provinsi Riau Suyatno meminta kepada pengurus Dewan Kesenian Daerah (DKD) Rohil untuk segera membuat cabang dimasing-masing setiap kecamatan agar keberadaan kesenian tidak vakum.

"Selama ini kesenian Rohil kurang aktif. Makanya saya minta kepada pengurus DKD yang baru dilantik segera membentuk cabang di kecamatan, karena disana banyak kesenian yang muncul," kata Suyatno usai melantik pengurus DKD Rohil masa khidmat 2015-2020 sekaligus Pemberian Penghargaan Kebudayaan kepada Bupati Rohil sebagai Pembina Seni Budaya dan Pariwisata Daerah, di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Selasa malam.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya selaku pembina DKD Rohil, begitu juga pemberian penghargaan yang diberikan oleh Ketua Umum Lembaga Budaya Nasional Indonesia Totok Sudarwoto.

"Ada beberapa hal yang harus diperhatikan disamping membentuk DKD kecamatan, saya juga minta kesenian yang ada didaerah ini didata ulang. Jadi apapun keseniannya harus terdaftar," harapnya.

Ia menyebutkan di Kecamatan Tanah Putih memiliki kesenian Bardah, begitu juga di Pasir Limau Kapas ada Mambang Deo-deo, termasuk di Rantau Kopar ada Lukah Gilo, dan daerah lainnya.

"Jadi, semua itu harus terdaftar di DKD. Makanya saya minta itu didata ulang," pintanya.

Bupati juga menyarankan kepada pengurus DKD yang baru untuk membuat kegiatan semacam festival Gasing, Layang-layang dan lain sebagainya, semua itu dilakukan agar masyarakat tahu bahwa Rokan Hilir memiliki aset budaya.

"Tapi saya minta acara itu dilaksanaka pada bulan Agustus. Intinya banyak kesenian yang harus kita gali," tuturnya.

Ia mengaku optimis dengan kesenian yang ada dan didukung oleh pemerintah setempat diharapkan Kabupaten Rokan Hilir ini bisa bergerak maju dan berkembang.

"Mudah-mudahan dengan diaktifkannya kesenian ini akan banyak orang luar datang ke Rokan Hilir," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum DKD Provinsi Riau Eriyanto Hadi juga menyampaikan ucapan tahniah dan selamat kepada pengurus DKD Rohil yang telah dilantik dan diharapkan dapat meningkatkan seni dan budaya yang ada di Negeri Seribu Kubah.

"Saya juga berharap kepada Bupati agar bisa memperhatikan kesenian didaerahnya, sehingga DKD Rohil nantinya bisa bersaing dengan kabupaten/kota lainnya yang ada di Riau," harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua DKD Rohil Suryati berjanji akan berupaya untuk menyatukan seni dan budaya yang ada, sehingga tidak ada lagi terpisahkan.

"Meski dulunya DKD ini tidak begitu aktif, namun seniman kita sering tampil ditingkat Kabupaten, bahkan Provinsi maupun Nasional. Intinya kedepan kami siap mengembangkan kesenian Rohil yang lebih baik lagi," kata Suryati.

Selain itu, ia juga berharap kepada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Rohil dapat bekerjasama sehingga keberadaan seni bisa terakomodir dengan baik.

"Memang pembinaan secara berkelanjutan sangat diharapkan, makanya semua pihak harus saling bersinergi agar seni di Rokan Hilir bisa berkembang dengan baik seperti kabupaten/kota lainnya," tuturnya.(Adv/Dedi Dahmudi)