Pangdam I Bukit Barisan Resmikan Makodim 0321 Rohil

id pangdam i, bukit barisan, resmikan makodim, 0321 rohil

Pangdam I Bukit Barisan Resmikan Makodim 0321 Rohil

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayjen Lodewyk Pusung meresmikan Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0321/Rohil yang berada di Komplek Perkantoran Pemkab Rokan Hilir di Batu Enam, Bagansiapiapi, Senin.

Prosesi peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti dan pembukaan selubung nama Kodim 0321/Rohil oleh Mayjen Lodewyk Pusung didampingi Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rahman dan Bupati Rokan Hilir H. Suyatno, kemudian dilanjutkan dengan penguntingan pita.

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Lodewyk Pusung menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah setempat yang sudah menyiapkan lahan dan bangunan Kodim 0321/Rohil, bahkan ia mengaku kaget melihat bangunan tiga lantai yang berdiri megah tersebut.

"Terus terang saya pernah menghadiri acara yang sama di Kalimantan, tapi yang lebih megah dan besar hanya di Rohil, ini sangat luar biasa dan cocoknya bangunan ini untuk Korem," katanya sambil tersenyum.

Ia berpesan kepada Dandim agar Kodim yang baru saja diresmikan ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat dan membantu tugas-tugas pemerintah daerah, terutama dalam menjaga Wilayah Kabupaten Rokan Hilir.

"Jika ada masyarakat menemukan petugas Kodim yang melanggar peraturan segera lapor ke saya, dan nanti akan kita laporkan kepada Panglima TNI," tegas Pangdam seraya menyebutkan nomor Hpnya dihadapan tamu undangan.

Selain menghibahkan lahan dan bangunan Kodim, Pemkab Rohil juga memberikan kenderaan operasional Dandim dan Polisi Militer, termasuk menyiapkan rumah dinas serta barak untuk para prajurit, bahkan pemerintah setempat akan menambahkan 10 hektare lahan untuk penambahan bangunan lainnya.

Ditempat yang sama Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Rohil yang telah menyiapkan lahan dan bangunan Kodim serta fasilitas lainnya.

"Tadi saya hitung dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau baru tujuh dibentuk Kodim termasuk Rokan Hilir, dan kabarnya Kabupaten Siak akan menyusul. Semoga ini menjadi contoh bagi kabupaten lainnya," kata Arsyadjuliandi Rahman.

Sementara itu, Bupati Rokan Hilir Suyatno mengatakan, peresmian Kodim ini sudah dijadwalkan jauh-jauh hari, namun dikarenakan kesibukan Pangdam akhirnya hari ini baru bisa diresmikan.

"Kami merasa bahagia sekali dengan telah diresmikan Kodim 0321/Rohil, apalagi selama ini rekan-rekan Forkopimda sering berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan tentunya hubungan ini diharapkan terus terjalin dengan baik," ujar Bupati.

Pemkab Rohil juga, kata Bupati, secara bertahap akan memfasilitasi sarana dan prasarana yang masih kurang, termasuk penambahan lahan seluas 10 hektar yang diinginkan Pangdam I/Bukit Barisan.

"Kita akan koordinasi bersama DPRD Rohil, tapi yang pasti lahan tersebut akan kita tambah, dan semua itu dilakukan dalam rangka menjaga keamanan didaerah ini. Mudah-mudahan dengan berdirinya Kodim diharapkan Rohil dalam keadaan aman," harapnya.

Turut hadiri pada acara peresmian itu Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Noviwaldy Jusman dan Anggota Siswaja Muljadi, Wakil Bupati Siak Alfedri, Sekretaris Daerah Bengkalis Burhanuddin, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Rohil Surya Arfan, Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi, sejumlah pejabat Rohil dan unsur Forkopimda lainnya. (adv)

Oleh Dedi Dahmudi