Pameran Peringati 1 Tahun Wafatnya Tenas Effendy Senin Sepi Pengunjung

id pameran peringati 1 tahun wafatnya tenas effendy senin sepi pengunjung

Pameran Peringati 1 Tahun Wafatnya Tenas Effendy Senin Sepi Pengunjung

Oleh Agustin Sri Pamungkas

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gerai Pameran mengenang Budayawan Tenas Effendi di Pustaka Wilayah (Puswil) Soeman HS masih sepi dengan terlihat lantai dasar hanya dipenuhi buku-buku karya mendiang.

Sementara itu di luar gedung hanya terlihat satu pengguna gerai yaitu pelukis konte atau melukis dengan menggunakan serbuk pensil.

"Iya kami sendiri yang di luar ini," ujar pengguna gerai, F. Yohanes, Senin.

Salah satu hasil karya lukis dari Yohanes adalah lukisan Tenas Effendi yang terlihat sangat mirip dengan aslinya. Menurutnya ada pejabat yang beminat untuk membeli lukisan ini tetapi ia urung untuk menjualnya.

"Ada yang ingin membeli tetapi tidak dijual, untuk koleksi pribadi saja," ujarnya.

Dia mengatakan acara pemeran ini diadakan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) dalam rangka memperingati satu tahun wafatnya sastrawan melayu Tenas Effendi.

Tengku Nasyaruddin Effendi, Doctor (HC) atau yang lebih di kenal dengan nama Tenas Effendi lahir pada 1936 di Pelalawan dan wafat pada hari Sabtu dini hari sekitar pukul 00.25 Tanggal 28 Februari 2015 di Pekanbaru, Riau.

Menurutnya acara yang di gelar dari tanggal 15 Februari - 15 Maret 2016 ini rencananya akan kedatangan tamu dari negeri Jiran dan Singapore meskipun belum dipastikan kapan kedatangan tamu dari Malaysia dan Singapore tersebut.