Pengguna Jamkesda Bengkalis Capai 70 Persen, Sisanya Baru Pakai BPJS

id pengguna jamkesda, bengkalis capai, 70 persen, sisanya baru, pakai bpjs

Pengguna Jamkesda Bengkalis Capai 70 Persen, Sisanya Baru Pakai BPJS

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pengguna Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mencapai 70 persen dari jumlah penduduk yang ada di daerah berjuluk negeri junjungan itu.

Kepala Bidang (Kabid) Jaminan dan Sarana Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Bengkalis, Hasbul Maamar, dalam keterangannya di Bengkalis, Sabtu, mengatakan pengguna Jamkesda jauh lebih tinggi di bandingkan Pengguna jaminan Kesehatan Badan Penyelenggara jamina Sosial (BPJS).

“Masyarakat cenderung menggunakan Jamkesda di Bengkalis dari pada BPJS karena dipengaruhi faktor kemudahan dalam pengurusan awal dibandingkan BPJS,” katanya.

Menurut Hasbul Maamar, banyak kemudahan yang didapat dari jamkesda di daerah itu, seperti berobat dipuskesmas, warga cukup membawakan fotocopy kartu tanda pengenal ataupun kartu keluarga saja.

"Untuk mengurus Jamkesda masyarakat hanya perlu membawa persyaratan KTP dan Kartu keluarga, sementara untuk mengurus BPJS di perlukan persyaratan sesuai dengan ketentuan pusat," ujar Hasbul.

Untuk BPJS, peserta harus mendaftarkan diri serta membayar iuran yang besarnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, melaporkan perubahan data peserta seperti perceraian, kematian, pernikahan, kelahiran, atau pindah alamat dan sebagainya.

"Secara persentasi penggunaan Jamkesda di Bengkalis mencapai 70 persen dari jumlah penduduk yang ada di daerah ini, dan selebihnya merupakan pengguna BPJS," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, pengguna BPJS di daerah itu dominannya adalah kalangan pegawai negeri, TNI, Kepolisian serta karyawan swasta yang sudah didaftarkan oleh instansi tempat mereka bekerja.

Sementara masyarakat umum di daerah itu lebih banyak dan lebih memilih menggunakan Jamkesda yang dinilai memudahkan mereka.

(adv)