18 Pembina Pramuka Rohil Dapat Pelatihan

id 18 pembina, pramuka rohil, dapat pelatihan

18 Pembina Pramuka Rohil Dapat Pelatihan

Rimba Melintang, Rohil (Antarariau.com) - Sebanyak 18 orang Pembina Pramuka se Kwartir Cabang (Kwarcab) Rokan Hilir mendapat pelatihan dan pembinaan yang diberikan langsung oleh Ketua Kwarcab Rohil H. Surya Arfan, Minggu di Bumi Perkemahan Datuk Comel, Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang.

Ketua Kwarcab Pramukaa Rohil Surya Arfan mengatakan, pembinaan dan pelatihan ini diharapkan mampu melahirkan pembina pramuka Rohil yang lebih profesional.

Ia meminta kepada seluruh pembina pramuka Rokan Hilir mengikuti pelatihan yang digelar Sabtu dan Minggu bisa bermanfaat.

"Kita ingin majukan Pramuka di daerah ini, apabila pembinanya andal dan cakap tentunya akan mudah memberikan ilmu kepada para pelajar di Rokan Hilir tentang kepramukaan," kata Surya, Minggu.

Saat ini sesuai dengan peraturan pemerintah pusat bahwa Pramuka masuk dalam kegiatan Ekstrakulikuler wajib dan pemerintah siap melakukan pembinaan secara menyeluruh.

Diakuinya, saat ini saja hampir semua sekolah sudah memiliki Gugus Depan (Gudep) yang dibina oleh Kwarcab Pramuka Rokan Hilir.

Bahkan, setiap kecamatan juga diberikan anggaran sebesar Rp50 juta pertahun untuk kegiatan pramuka di masing-masing setiap kecamatan.

"Salah satu perhatian kita, adanya anggaran khusus dan diminta untuk mengembangkan pramuka di Kecamatan. Apalagi saat ini setiap kecamatan ada Ketua Majelis Pembina Ranting (Kamabiran) yang langsung diketuai oleh Camat," katanya.

(adv)

Oleh Dedi Dahmudi