BMKG Pekanbaru Catat Curah Hujan Tertinggi 2015

id bmkg pekanbaru, catat curah, hujan tertinggi 2015

BMKG Pekanbaru Catat Curah Hujan Tertinggi 2015

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mencatat curah hujan tertinggi selama tahun 2015 yang mencapai 126 milimeter selama 24 jam.

"Data yang didapatkan selama 24 jam terakhir curah hujan mencapai 126 milimeter. Itu yang paling tinggi selama 2015," kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin di Pekanbaru, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa bulan November ini merupakan puncak musim hujan sementara pada Desember mendatang Riau secara keseluruhan akan mengalami masa transisi beralih ke musim kemarau.

Menurut Sugarin, dengan curah hujan seperti itu berpotensi menyebabkan banjir di sejumlah titik di Pekanbaru. Selain Pekanbaru, terdapat sejumlah wilayah lainnya dengan curah hujan yang tinggi seperti Bengkalis, Siak, Rokan Hilir, Kampar, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir.

Potensi hujan terjadi pada Sore hingga Malam hari yang disertai petir dan angin kencang.

Sementara itu, secara khusus BMKG memperingatkan Riau akan kembali memasuki musim kemarau pada Januari dan Februari mendatang. "Untuk itu perlu langkah tegas guna menghindari terjadinya kembali kebakaran lahan dan hutan," ujarnya.

Dalam sepekan terakhir, lembaga pemantau cuaca rutin mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya hujan disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Riau.

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Sugarin menambahkan secata umum cuaca di Riau Cerah Berawan.

Angin secara umum dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan 05 - 10 knots (09 - 19 km/jam) dengan temperatur maksimal berkisar 31 C hingga 33,5 C.