Mahasiswa Harus Peka Dan Turut Cegah Kebakaran Lahan

id mahasiswa harus, peka dan, turut cegah, kebakaran lahan

Mahasiswa Harus Peka Dan Turut Cegah Kebakaran Lahan

Kampar, (Antarariau.com) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir mengatakan mahasiswa harus mampu menjadi mentor bagi masyarakat, bahkan harus peka terhadap lingkungan dan berkomitmen menjaganya hingga mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Khususnya bagi mahasiswa yang menjadi peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kebangsaan 2015," kata Menristek Dikti Prof. HM. Nasir saat berkunjung ke Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (29/7).

Ketika itu Nasir menjadi inspektur upacara pada acara pembukaan KKN Kebangsaan Tahun 2015 di Batalyon 132 Wirabima Kecamatan Salo, Kampar.

Ia menambahkan, dalam kegiatan KKN Kebangsaan terdapat tiga dimensi, yang pertama adalah pembelajaran yakni memberikan pembelajaran kepada mahasiswa betapa pentingnya lingkungan hidup dan upaya mahasiswa agar mampu menumbuhkan kecintaannya terhadap lingkungan hidup.

Kemudian, lanjutnya, dimensi yang kedua adalah mahasiswa diharapkan untuk mampu membentuk karakter, hingga mahasiswa harus peka terhadap lingkungan, memberikan contoh kepada masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan.

"Khususnya menanamkan kecintaan terhadap bangsa Indonesia, saling bersinergi untuk menjaga lingkungan hidup," katanya.

Nasir juga mengharapkan, dengan kegiatan KKN ini, mahasiswa mampu memperhatikan, bahwa selama ini banyak pihak selalu berlaku egois, tidak peduli terhadap lingkungan.

Dengan adanya KKN ini, kata Nasir, maka diharapkan ke depan mahasiswa mampu bekerjasama bahkan menjadi mentor bagi masyarakat.

"Dengan menjaga lingkungan, kita juga telah menjaga hutan tidak lagi terbakar, tidak lagi asap mencemari udara kita," katanya.

Ia menambahkan, semoga masyarakat dapat menerima upaya pemerintah melalui mahasiswa untuk menjaga lingkungan hidup agar tidak lagi membakar lahan dan hutan sembaranagan.

"Kita menjaga hutan dengan baik, maka dengan demikian lingkungan hidup pasti juga terjaga," katanya. (Adv)