Kesbangpol Gelar Sosialisasi Dialog

id kesbangpol gelar, sosialisasi dialog

Kesbangpol Gelar Sosialisasi Dialog

Rengat, (Antarariau.com) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menggelar kegiatan sosialisasi forum dialog konflik sumber daya ekonomi dan sumber daya alam di Gedung Sejuta Sungkai dalam rangka mengidentifikasi ketahanan ekonomi.

"Acara bertujuan untuk menyamakan prosepsi berbagai komponen tentang potensi ketahanan ekonomi, cara mengembangkan dan memberdayakannya," kata Sekretaris Kesbangpol Indragiri Hulu Zulbahri di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, jika sudah diketahui masalahnya tentu akan dapat dicarikan solusi pencegahannya agar tidak terjadi konflikasi yang dapat mengganggu kesejaheraan warga hingga menurunkan ekonomi masyarakat.

Kegiatan yang digelar pada Rabu (26/8) yang menghadirkan narasumber dari Direktur Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya Dirjen Kesbang Jakarta, Kesbangpol Riau, Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten berjalan lancar.

Melalui kegiatan ini diharapkan mendapatkan kesimpulan langkah konkrit dalam memprogramkan rencana pembangunan yang lebih nyata bagi warga sehingga kedepannya kondisi ekonomi masyarakat selalu kondusif, terciptanya suasana aman.

"Penjabat Bupati Inhu mengakui bahwa pengelolaan terhadap potensi SDA dan SDE belum dilakukan secara maksimal dan berharap dengan segala kemampuan yang dimiliki," sebutnya.

Pemerintah juga berharap semua Muspida membuat terobosan baru yang inovatif dengan menggali berbagai potensi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sementara pihak pemerintah setempat juga akan tetap melakukan kendali dan pengaturan agar mitra kerja tetap berpegang pada azas kepentingan mayoritas masyarakat.

Selain itu, terwujudnya kemakmuran rakyat dan mengimbau para peserta untuk menyamakan persepsi antara masyarakat dan aparatur pemerintah agar program bisa berjalan lancar dan tepat sasaran.

"Khususunya dalam menghadapi dan menangani masalah serta meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar sesama mitra kerja perlu rumusan khusus," ujarnya.

Dengan demikian pencegahan sedini mungkin terhadap berbagai potensi konflik SDA dan SDE dapat terealisasi dengan baik dan potensi yang bisa merugikan masyarakat dapat dihindari. ***2***