Polres Dumai Siapkan Empat Pos Pengamanan Lebaran

id , polres dumai, siapkan empat, pos pengamanan lebaran

  Polres Dumai Siapkan Empat Pos Pengamanan Lebaran

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepolisian Resort Dumai, Provinsi Riau, menyiapkan empat pos pengamanan arus mudik angkutan Lebaran di sejumlah titik padat lalu lintas dan daerah perbatasan dengan provinsi tetangga.

Kapolres Dumai AKBP Suwoyo usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2015 di Dumai, Kamis, menyebutkan, empat pos pengamanan tersebut didirikan di beberapa ruas jalan perbatasan, yaitu Dumai-Duri, Dumai-Bengkalis, Dumai-Rokan Hilir dan padat lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman.

Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat pemudik.

"Pengamanan angkutan lebaran ini dilaksanakan terpadu bersama petugas gabungan dari instansi terkait lain, namun dari kepolisian kita akan menurunkan 215 personel," katanya.

Pendirian pos pengamanan ini, lanjutnya, bertujuan juga untuk menekan tingkat kriminalitas jalan umum, antisipasi kecelakaan lalu lintas dan melancarkan arus kendaraan pribadi, penumpang maupun barang.

Disamping itu, polisi juga akan meningkatkan patroli keliling di jalan umum dengan menyebar personel ke sejumlah lokasi dinilai rawan dan lingkungan masyarakat untuk mendukung suksesnya angkutan lebaran 2015 ini.

"Operasi ketupat digelar selama dua pekan adalah operasi kemanusiaan untuk melindungi, mengayomi dan melayani pemudik lebaran, dan petugas diharapkan bersikap ramah, sapa dan senyum kepada masyarakat," tegasnya.

Selain itu, personel polisi juga akan dilibatkan dalam pelaksanaan tugas pembentukan 4 pos pelayanan yang dibentuk di sejumlah moda angkutan barang dan penumpang lebaran, yaitu terminal darat, laut dan udara.

Dia berharap seluruh petugas pelaksana angkutan lebaran ini bisa menjalankan tugas dengan baik dan profesional kepada masyarakat pemudik maupun yang akan melakukan perjalanan wisata, belanja dan lain sebagainya.

Masyarakat diingatkan juga untuk meningkatkan kewaspadaan diri terhadap keselamatan, harta benda dan rumah saat perayaan Idul Fitri nanti agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Dalam rapat koordinasi pemerintah daerah bersama lintas sektor terkait kesiapan angkutan lebaran beberapa waktu lalu, pengamanan dan pelayanan arus mudik akan dilaksanakan sebanyak 356 personel gabungan.