Harga Cabai Di Bengkalis Melejit Naik

id harga cabai, di bengkalis, melejit naik

Harga Cabai Di Bengkalis Melejit Naik

Bengkalis, (Antarariau.com) - Harga cabai merah di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, melejit naik dari Rp32 ribu saat normal menjadi Rp70 ribu per kilogram.

Berdasarkan pantuan Antara di Pasar Terubuk, Bengkalis, Rabu, harga cabai tercatat mengalami dua kali kenaikan dalam beberapa hari terakhir mulai Rp58 ribu dan siang ini harga naik lagi menjadi Rp70 ribu per kilogramnya.

"Beberapa hari yang lalu memang harga cabai masih seperti biasanya Rp32 ribu per kilogram, dan beberapa waktu berselang naik lagi harga cabainya menjadi Rp58 ribu dan sekarang jadi Rp70 ribu," kata seorang pedagang cabai dan sayuran, Mbah Tinah (63).

Ia mengatakan, penyebab kenaikan harga cabai dikarenakan pasokan cabai dari wilayah produksi ke Bengkalis terhambat.

"Ini disebabkan terhambatnya masukan cabai ke Bengkalis, kendati besok puasa jadi lama mengantre di pelabuhan pasokan cabai ini," katanya.

Sementara itu, ibu rumah tangga Siti Fatimah, warga Damun, Kecamatan Bengkalis, terkejut atas kenaikan harga cabai yang begitu cepat dan signifiikan.

"Kita tidak berani membeli banyak, takutnya nanti harga cabai turun lagi dan untuk sekarang kita beli sesuai kebutuhan saja," kata Siti Fatimah.

Dikatakannya, bukan hanya cabai saja mengalami kenaikan, bawang merah juga mengalami kenaikan dari harga biasanya yang berkisar antara Rp22 ribu-Rp25 ribu kini naik menjadi Rp35 ribu per kg.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, Raja Erlingga meminta kepada konsumen untuk tidak melakukan aksi borong belanja atau menyetok barang.

"Kepada pedagang juga jangan keterlaluan atau seenak hatinya saja menaikan harga kebutuhan pokok, jika mencari untung yang sewajarnya saja," katanya.