Dicari kota/kabupaten pemasok cabai

id Harga cabe,Ratu Dewa ,Pemkot Palembang

Dicari kota/kabupaten pemasok cabai

Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa. (ANTARA/ Diskominfo Palembang)

Palembang (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palembang Ratu Dewa menginstruksikan Dinas Perdagangan untuk mencari kota dan kabupaten yang bisa memasok cabai untuk menekan harga komoditas itu ke daerahnya.

Ratu Dewa di Palembang, Minggu, menerangkan berdasarkan data terbaru dari Dinas Perdagangan di salah satu pasar di Palembang yakni Pasar 10 Ulu Kota Palembang harga cabai sebesar Rp60.000 per kilogram untuk cabai merah keriting dan cabai rawit. Kemudian untuk jenis cabai burung sebesar Rp80.000 per kilogram.

"Harga cabaiyang semakin meroket di beberapa pasar, kami melakukan sidak ke pasar Satelit Sakountuk mengetahui memastikan harga," katanya.

Ia menambahkan kenaikan harga seminggu terakhir ini mengakibatkanpenurunan pembelian dari konsumen. Setelah melakukan komunikasi dengan beberapa pedagang, memang ada kenaikan harga dari distributor.

"Maka dari itu, kami menginstruksikan kepada dinas terkait seperti Dinas Perdagangan, Pertanian, Ketahanan Pangan, Dirut PD Pasar, serta Perekonomian secara bersama agar menemukan solusi secepatnya.

Setidaknya melakukan kerja sama dengan provinsi dan kabupaten atau kota lainnya yang bisa mensuplai sehingga harga cabaidi pasar bisa terkendali," jelasnya.