BRI Bina Mahasiswa UMRI Buat Proposal Wirausaha

id bri bina, mahasiswa umri, buat proposal wirausaha

BRI Bina Mahasiswa UMRI Buat Proposal Wirausaha

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bank Rakyat Indonesia Wilayah Kerja Riau dan Kepulauan Riau, melatih mahasiswa Universitas Muhammadiyah cara membuat proposal kewirausahaan yang baik agar kelak setelah lulus kuliah bisa membuka usaha secara mandiri.

"Pembekelan ini penting, karena selama ini mahasiswa hanya bisa membuat proposal perkuliahan sedangkan kemampuan membuat proposal kewirausahaan masih rendah," kata Dekan Ekonomi dan Bisnis UMRI, Zulhasmi, dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Zulhasmi, setelah mahasiswa mampu menyusun proposal wirausaha dengan baik, kegiatan ini berlanjut berupa pelatihan tentang cara mengembangkan wirausaha, praktek membuka usaha dan terakhir evaluasi tingkat keberhasilan.

Program wirausaha ini diberikan kepada mahasiswa seiring dengan visi misi UMRI, selain menciptakan lulusan akademik yang baik UMRI juga mengembangkan kemampuan berwirausaha.

"Pembekalan dan pelatihan pembuatan proposal wirausaha selain dapat memotivasi mereka bisa berwirausaha, maka penyusunan proposal wirausaha ini juga diperlombakan oleh Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau," katanya.

Tahun 2014, katanya, ada delapan proposal usaha mahasiswa UMRI lolos verifikasi terbaik dalam lomba digelar kopertis X.

Tahun 2015, ditargetkan 16 proposal usaha mahasiswa lolos terbaik, sehingga ke depan, dengan proposal tersebut sekaligus menjadi pondasi bagi mereka untuk memulai berwirausaha.

Staf Direksi Bidang Pengembangan Kredit Mikro UMKM Bank Riau Kepri, Said Syamsuri, mengatakan standar penyusunan proposal wirausaha untuk perbankan, harus memiliki tujuan, rencana usaha, ringkasan usaha, manajemen dan keuangan usaha tersebut, dan lainnya.

"Proposal tersebut harus jelas dan ringkas menggambarkan usaha yang dilakukan, sehingga perbankan yakin memberikan modal untuk usaha tersebut," katanya.

Bank Riau Kepri, kata Said, mendukung kegiatan ini dalam menunjang pendidikan mahasiswa mengembangkan jiwa wirausaha.

Oleh karena itu, BRI membuka kesempatan bagi mahasiswa yang mau mengembangkan jiwa wirausaha namun demikian sebelumnya, mereka harus memahami persiapan apa saja yang harus dilakukan sehingga usaha yang bakal mereka buka bisa berjalan dengan baik.