20 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau belajar singkat di Kantor Berita ANTARA

id Umri, hut antara

20 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau belajar singkat di Kantor Berita ANTARA

Kepala ANTARA Biro Riau Riski Maruto (tengah) berfoto bersama dengan mahasiswa UMRI. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 20 mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melakukan kunjungan dan belajar singkat di Kantor Berita ANTARA Riau di Kota Pekanbaru, Selasa.

Puluhan mahasiswa menggunakan almamater hijau itu dipimpin oleh Dekan Fakultas Komunikasi Jayus S.Sos M.IKom dengan didampingi dosen Prodi Humas Raja Widya Novchi S.IKom M. Soc, Sc.

Kedatangan mahasiswa berikut dosen itu disambut langsung oleh Kepala ANTARA Biro Riau Riski Maruto yang kemudian diantar masuk ke dalam ruang redaksi yang disulap menjadi tempat pertemuan.

Dalam paparan singkatnya,Riski Maruto menyampaikan sejarah singkat Kantor Berita ANTARA Riau yang diresmikan pada 1980, meski sebenarnya telah ada wartawannya di Bumi Lancang Kuning ini sejak tahun 1967.

"ANTARA adalah satu-satunya kantor berita milik negara yang beritanya selalu menjadi rujukan media arus utama di Tanah Air," kata Riski.

Lanjutnya, Kantor Berita ANTARA tidak bisa mengeluarkan berita sembarangan demi kepentingan "klickbait" (umpan klik) yang bertujuan memancing pembaca saja.

"Kita berupaya terus memproduksi berita berkualitas, yang membuat berita yang aneh-aneh sudah ada sendiri," katanya.

Sementara, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI Jayus menyampaikan kedatangan ke ANTARA harus dimanfaatkan dengan baik karena bisa saja sejumlah mahasiswa bisa bekerja di kantor berita milik negara ini.

"Belajar di kampus mungkin sekitar 20 persen saja, sisanya belajar di luar dengan meningkatkan kemampuan diri," ujarnya.

Sementara dosen Prodi Humas Raja Widya Novchi berharap para mahasiswanya bisa magang dan lebih jauh bekerja di Kantor Berita ANTARA.

"Terima kasih atas kesempatan berkunjung di ANTARA yang merupakan satu-satunya kantor berita yang kredibel. Sekali selamat Ulang Tahun ke-86 ANTARA, semoga semakin jaya dan selalu di hati," kata dosen yang akrab disapa Cici ini.

Bagus, salah satu perwakilan mahasiswa juga menyampaikan terima kasih atas kesempatan bisa berkunjung sekaligus belajar singkat di kantor berita yang berada di jantung kota Pekanbaru ini.

Turut hadir dalam kesempatan itu adalah Nurul Hudayang merupakan praktisi humas sekaligus dosen di beberapa lembaga pendidikan yang ada di Riau.

Kantor Berita ANTARA sendiri lahir pada 13 Desember 1937, sedangkan di Provinsi Riau peresmian kantornya dilakukan pada tahun 1980.

Baca juga: Sejarah ANTARA Riau, dari konfrontasi Indonesia-Malaysia hingga isu G30S/PKI