21 mahasiswa UMRI KKN di Simpang Tiga Pekanbaru, ini tujuannya

id umri, kkn umri

21 mahasiswa UMRI KKN di Simpang Tiga Pekanbaru, ini tujuannya

Sejumlah mahasiswa UNRI peserta KKN saat datang di Kleurahan Simpang Tiga Pekanbaru. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 21 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, selama satu bulan ke depan.

Kedatangan mereka disambut oleh Lurah Muhammad Nasir bersama jajaran pemerintah setempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Simpang Tiga pada Senin, (24/07/2023) yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Arina Husna, MA.

Arina Husna dalam sambutannya mengatakan KKN di Kelurahan Simpang Tiga ini diikuti 21 mahasiswa dari berbagai jurusan. Selain itu, KKN ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa Umri dari berbagai jurusan yang berbeda.

"Alhamdulillah di kesempatan yang baik ini, kami sangat berterima kasih kepada Pak Lurah beserta pemerintah setempat yang telah menerima kami. Kegiatan KKN ini akan berlangsung selama satu bulan terhitung sejak 24 Juli hingga 31 Agustus 2023. Semoga selama pelaksanaan KKN, para mahasiswa bisa mengabdikan diri untuk masyarakat di Kelurahan Simpang Tiga," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menekankan agar seluruh mahasiswa KKN dapat berkontribusi bagi masyarakat setempat dan bersinergi dengan aparat desa atau kelurahan.

"Itu harapan saya kepada seluruh mahasiswa. Jaga nama baik kampus selama mengabdikan diri di masyarakat Kelurahan Simpang Tiga," imbuhnya.

Program Desa Peduli Lingkungan ini merupakan motto KKN UMRI kelompok 13 yang diketuai Jerry Fernando. Di Kelurahan Simpang Tiga tepatnya di RW 01, mahasiswa KKN akan melakukan program kerjanya dengan masyarakat.

Dijelaskan Jerry, pihaknya amat menyadari sebaik apapun program kerja pasti memiliki kekurangan. Oleh karenanya, kritik dan saran beserta kerjasama antar semua pihak dalam hal ini sangat diharapkan, sehingga program-program nantinya dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

"Sekali lagi kami harapkan peran serta semua elemen masyarakat, baik kelurahan ataupun masyarakat dari beragam lapisan sangat kami harapkan guna terlaksananya program kerja kami nanti,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Simpang Tiga, Muhammad Nasir menuturkan bahwa kehadiran mahasiswa KKN di Kelurahan Simpang Tiga itu bukan kali pertama, baik itu dalam provinsi maupun dari luar.

"Sebelumnya Kelurahan Simpang Tiga juga pernah menjadi wadah KKN mahasiswa dari Universitas Andalas. Dimana mahasiswa yang berasal dari Riau ditugaskan dari pihak kampusnya untuk membantu dan bersinergi bersama petugas dalam menangani pasca COVID-19 tahun lalu," tuturnya.