Dekranasda Inhil Ciptakan 960 Lembar Batik Tulis

id dekranasda inhil, ciptakan 960, lembar batik tulis

Dekranasda Inhil Ciptakan 960 Lembar Batik Tulis

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pengrajin yang bernaung di Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, mampu menghasilkan batik tulis sebanyak 960 lembar per tahun dengan berbagai macam corak dan motif.

"Batik yang kami produksi biasanya bermotif mayang terurai, kelapa berpadu, kiambang berpadan, kiambang berkelok, kiambang merajut, daun bidada, kiambang raja, dan kiambang berlapis," kata staf Dekranasda Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Nensi di Tembilahan, Senin.

Nensi mengemukakan selain memproduksi batik tulis, pengrajinnya juga menghasilkan kerajinan batik dengan mesin cetak modern (printing).

"Untuk batik printing per harinya kami mampu memproduksi 300 meter," ujarnya.

Dia mengatakan kerajinan batik tulis Ihil tersebut dapat ditemui di ruang peraga Dekranasda, yaitu tepatnya di Jalan M. Boya, Tembilahan.

"Permeternya batik tulis ini dijual seharga Rp120.000," ujarnya.

Selain dapat ditemui di showroom Dekranasda, kerajinan batik tulis maupun printing ini dapat juga ditemui disetiap acara pameran dan pegelaran yang diadakan oleh pemerintah kabupaten maupun provinsi.

Kemudian disamping itu dia menyampaikan bahwa Indragiri Hilir memiliki potensi kerajinan tradisional yang tidak sedikit.

"Selain memproduksi batik tulis dan printing, Dekranasda Indragiri Hilir juga memproduksi produk kain songket, anyaman pandan, serta berbagai macam ukiran perabot yang berbahan dasar dari batang kelapa," ucapnya.