KSAD Tinjau Mikrohidro Bantuan TNI Di Inhil

id ksad tinjau, mikrohidro bantuan, tni di inhil

Tembilahan, (Antarariau.com) - Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo meninjau pembangunan pembangkit listrik tenaga air atau mikrohidro bantuan TNI AD di Desa Saka Rotan Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Kamis.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan kunjungan itu adalah sebuah hadiah yang luar biasa baginya, karena dapat bertemu dengan masyarakat yang ramah, meskipun selama ini hanya mendapatkan aliran listrik hanya empat sehari.

Ia mengatakan pembangkit listrik mikrohidro di Kecamatan Teluk Belengkong ini merupakan pembangkit listrik tenaga air pertama di Provinsi Riau.

"Ini bisa ditiru, jika daerah lain di Riau ingin membangun juga bisa minta bantu dengan TNI. Gratis, tidak perlu bayar," ujarnya.

Ia meminta agar Camat Teluk Belengkong untuk dapat mengkoordinir masyarakat agar belajar mengawasi kincir angin ini, sehingga jika ada kerusakan dapat diperbaiki oleh masyarakat sendiri.

"Dengan dibangunnya pembangkit listrik ini, saya harap masyarakat bisa mendapatkan penerangan, anak-anak sekolah juga dapat lebih rajin belajar dan mengaji," katanya.

Kedatangan Jendral bintang empat itu didampingi oleh Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Panglima Daerah Militer Bukit Barisan Mayjen TNI Edy Rahmayadi, Dandrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Prihardi Agus Irianto, serta Kapolda Riau Brigjen Dolly Bambang Hermawan.

Dengan menggunakan Helikopter TNI AD, kedatangan rombongan Kasad disambut oleh Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan, unsur Forkopimda Indragiri Hilir, serta dimeriahkan dengan penampilan pencak silat, rebana dan nyanyian dari siswa siswi di Kecamatan Teluk Belengkong.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan bahwa keberadaan listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat Indragiri Hilir, khususnya yang berada di Kecamatan Teluk Belengkong.

"Mudah-mudahan pembangunan mikrohidro ini bisa memenuhi kebutuhan listrik masyakarat Belengkong," ujarnya. (Adv)