Diskes Dumai Umumkan 15.163 Warga Penerima JKN

id diskes dumai, umumkan 15163, warga penerima jkn

Diskes Dumai Umumkan 15.163 Warga Penerima JKN

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kota Dumai, Provinsi Riau, mengumumkan bahwa jumlah calon peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Kecamatan Dumai Timur sebanyak 15.163 jiwa.

Kepala Diskes Dumai, Faisal di Dumai, Kamis, mengatakan calon peserta penerima Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah melewati proses verifikasi data dengan melibatkan pemerintah kecamatan, kelurahan dan RT.

"Proses verifikasi data calon penerima JKN dilakukan sebanyak tiga kali supaya tidak salah dan tetap sasaran," kata Faisal kepada wartawan.

Ia menyebutkan, calon penerima JKN ini tersebar di lima kelurahan, yaitu Teluk Binjai 5.153 jiwa, Buluh Kasap 2.234 jiwa, Bukit Batrem sebanyak 2.535 jiwa, Jaya Mukti 2.916 dan Tanjung Palas 2.325 orang.

"Calon penerima JKN yang terdaftar di badan penyelenggara jaminan sosial akan dibiayai pemerintah dengan sharing anggaran," jelasnya.

Warga calon penerima JKN, lanjutnya, selain berasal dari keluarga kurang mampu, RT dan kader kesehatan yang nantinya akan diselaraskan dengan kepesertaan BPJS Kesehatan.

Ini bertujuan supaya data warga penerima program nasional ini valid dan tidak tumpang tindih sehingga tepat sasaran pemanfaat.

"Selain itu, warga berhak JKN ini harus memiliki identitas kependudukan Dumai, seperti kartu keluarga dan kartu tanda penduduk elektronik," ujarnya.

Sementara itu, Camat Dumai Timur M. Arifin mengapresiasi program JKN ini karena akan bermanfaat sekali bagi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat kurang mampu yang dilayani secara gratis.

"Dari target awal 11 ribu warga calon penerima JKN, ternyata setelah diverifikasi justru mencapai 15 ribu jiwa, dan kita berharap program ini mengurangi beban masyarakat miskin," harap dia.