Bengkalis Minta DPR-RI Perjuangkan Penambahan Daya Listrik

id bengkalis minta, dpr-ri perjuangkan, penambahan daya listrik

Bengkalis Minta DPR-RI Perjuangkan Penambahan Daya Listrik

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, meminta Wakil Ketua Komisi XI DPR RI H Jon Erizal memperjuangkan ke PT PLN untuk mempercepat penambahan kapasitas daya listrik di daerah itu terkait kebutuhan masyarakat belum mencukupi.

"Kapasistas daya PLN di Pulau Bengkalis baru 16,5 Megawatt (MW). Sementara kebutuhan masyarakat di daerah ini dengan berbagai jaringan yang dibangun Pemkab Bengkalis kini minimal 30 MW," kata Bupati Bengkalis Herliyan Saleh di Bengkalis Rabu.

Permintaan tersebut disampaikannya terkait Wakil Ketua Komisi XI DPR RI H Jon Erizal, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkalis, disambut Ketua DPRD H Heru Wahyudi dan Wakil Ketua DPRD Riau H Sunaryo.

Menurut Herliyan, percepatan PLN dalam rangkaian untuk dapat menambah kapasistas daya listrik di Pulau Bengkalis bisa dilakukan melalui pembangunan pembangkit baru maupun jaringan bawah laut.

"Kami membutuhkan tambahan jaringan listrik agar daerah ini terbebas dari minimnya penerangan, apalagi keberadaan jaringan listrik sangat dibutuhkan dalam melakukan berbagai kegiatan ekonomi produktif baik siang maupun malam," katanya.

Sementara itu, Jon Erizal mengatakan, sebagai mitra kerja Bappenas dan Kementerian Keuangan, dirinya berjanji akan memperjuangkannya.

Namun demikian, katanya lagi, Bupati segera menyiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan agar usulan tersebut bisa segera ditinjau.

"Secara lisan usulan Bupati Herliyan sudah pernah saya diskusikan dengan mitra kerja Komisi XI. Pada prinsipnya mereka siap membantu. Namun perlu dukungan data dan dokumen," kata Jon Erizal.

Pada kesempatan itu Jon Erizal juga menyempatkan diri meninjau abrasi di Desa Muntai, Kecamatan Bantan. Pada kesempatan Herliyan juga berharap DPR RI bisa memperjuangkan anggaran pembangunan penahan abrasi, khususnya di Pulau Bengkalis, Rupat dan Pesisir Timur Pulau Sumatera (Kecamatan Bukit Batu).

Selain itu, Herliyan juga mengharapkan Jon Erizal agar dapat membantu upaya percepatan pembangunan infrastruktur di daerah ini melalui APBN, seperti infrastruktur jalan dan kepelabuhan.

"Khusus data infrastrutur dan abrasi pantai kita siap mempersentasikannya kepada kementerian dan komisi DPR RI baik di Bengkalis maupun di Jakarta. Untuk itu mohon bantuannya agar dapat dijembatani," katanya dan menambahkan DPR RI juga hendaknya bisa memperjuangkan pembangunan pasar tradisional modern yang dapat menampung 1.000 pedagang di Duri Kecamatan Mandau melalui APBN.