Pemuda Muhammadiyah Akan Gelar Muswil XV Riau

id pemuda muhammadiyah, akan gelar, muswil xv riau

Pemuda Muhammadiyah Akan Gelar Muswil XV Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Panitia pemilihan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Provinsi Riau mengatakan, pihaknya akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) XV Provinsi Riau untuk memilih kepengurusan baru.

"Muswil akan digelar tanggal 20-22 Maret 2015 di Pekanbaru," kata Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Riau, Jabarullah di Pekanbaru, Senin.

Dia menjelaskan, Muswil XV tahun ini adalah rapat tertinggi yang di lakukan sekali 4 tahun. Agendanya memilih Ketua dan Pengurus PWPM. "Ada tiga agenda yang akan dibahas pada rapat," katanya.

Pertama, memilih pengurus masa bhakti 2015-2019, kemudian menyusun program organisasi periode 2015-2019 dan rekomendasi persoalan masyarakat serta pemuda muhammadiyah.

Untuk pemilihan ketua dan formatur, sesuai Anggaran Dasar Rumah Tangga (ADRT) Pemuda Muhammadiyah, dilakukan melalui penjaringan dari tingkat kabupaten, kota serta lembaga.

Pada tahapan ini setiap lembaga mengusulkan tiga nama sebagai calon ketua dan 10 anggota calon formatur.

"Syarat ketua dan anggota harus memiliki nomor baku muhammadiyah (mbm) selain usia 40 th. Saat ini tahap penjaringan pertama sudah selesai," katanya.

Selanjutnya, kata dia, panitia sudah menerima 11 nama calon yang diusulkan, kemudian setelah dilakukan seleksi terpilihlah enam nama yang memenuhi syarat.

Ke-enam nama ini kini sudah sah menjadi kandidat sesuai rangking suara. Sementara dari 60 nama formatur yang diusulkan sebanyak 53 calon yang lulus untuk diangkat menjadi pengurus.

Pembukaan acara musyawarah wilayah XV Pemuda Muhammadiyah Riau akan dihadiri Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dahnil Anzhar Simanjuntak serta acara akan dibuka oleh Plt Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman.

Di samping itu, pihaknya mengakui panitia juga akan melakukan acara seminar sehari terkait kasus korupsi saat ini. Selain itu juga membicarakan peran pemuda menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Bekerjasama dengan Dinas Kehutanan kita akan melakukan penanaman pohon pada halaman kampus UMRI," katanya.

Ada 400 bibit pohon buah akan ditanam pada halaman UMRI, termasuk di lingkungan kota Pekanbaru.