Perawatan Alat Reproduksi Alami Cegah Keputihan Wanita

id perawatan alat, reproduksi alami, cegah keputihan wanita

Perawatan Alat Reproduksi Alami Cegah Keputihan Wanita

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Perawatan alat reproduksi yang alami tanpa penggunaan bahan apapun bisa mencegah wanita terserang penyakit keputihan, yang menyebabkan rentan terhadap kanker serviks.

"Perawatan alat reproduksi wanita itu mudah, cukup dibilas dengan air hangat," kata dokter spesialis kandungan RS Safira dr Ulaida SpOG, di Pekanbaru, Senin, saat jadi pembicara pada seminar alat reproduksi yang dilakukan oleh Dharma Wanita Persatuan (DPW) Pekanbaru.

Saat ini banyak wanita khususnya ibu rumah tangga yang rawan terserang keputihan dan cenderung tidak memeerdulikannya. Hal ini sangat rentan jika berlangsung lama. Karena bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker salah satunya serviks.

"Dari hasil penelitian serviks menjadi pembunuh nomor dua di dunia setelah kanker payudara," katanya.

Untuk mendeteksi serviks sejak dini papar dia, pihaknya menganjur dilakukan pemeriksaan dini dan vaksinasi

"Penyebab serviks adalah virus," katanya.

Menurut dia, perlakuan yang tidak lazim kepada alat reproduksi seperti menggunakan bahan pembersih atau semacamnya untuk membersihkan alat reproduksi wanita, bisa menggangu bakteri yang ada di dalam mulut rahim sehingga mengganggu tingkat keasaman yang dalam kondisi normal, 3,8-4,5.

Kata dia, wanita perlu menjaga kebersihan alat reproduksinya, agar terhindar dari berbagai penyakit yang cenderung mematikan.

Yang terpenting juga menjaga asupan gizi dan kalsium yang memang di butuhkan wanita khususnya memasuki masa mesnturasi.

Pewarta :
Editor: Vera Lusiana
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar