Indragiri Hulu Bangun Pasar Produk Khas Daerah

id indragiri hulu, bangun pasar, produk khas daerah

Rengat, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, membangun pasar produk khas daerah itu khususnya kuliner dan cendera mata sebagai bentuk dukungan terhadap usaha kecil.

"Pasar khusus kuliner atau galeri makanan khas daerah ini yang berlokasi di Jalan Raya Pematang Reba-Rengat di samping SPBU Rengat diharapkan sudah bisa diresmikan pada 2015," kata Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Pasar (Disperindagpas) Kabupaten Indragiri Hulu, Hasman Dayat di Rengat, Jumat.

Ia mengatakan pembangunan pasar kuliner itu menjadi salah satu upaya untuk membantu pemasaran hasil keterampilan warga sehingga dapat membantu peningkatan kesejahteraan warga setempat.

Selain menjual makanan khas Rengat, pasar itu juga menjual berbagai bentuk cendera mata dan sekaligus sebagai ajang promosi hasil karya pengrajin berupa batu cincin, batik dan songket Indragiri yang bisa dijadikan oleh-oleh asal daerah itu.

"Dengan dibangunnya pasar dan galeri ini, tentunya memudahkan masyarakat atau tamu yang datang ke kota Rengat dalam mendapatkan oleh-oleh khas," sebutnya.

Ia menjelaskan pasar kuliner, galeri dan asesories sebenarnya sudah lama diidam-idamkan masyarakat, karena setiap tamu yang datang ke Indragiri Hulu selama ini kesulitan mendapatkan cendera mata khas daerah, karena itu niat pemerintah segera merealisasikan program disambut baik warga.

"Kami menilai ini langkah positif dan maju agar kesejahteraan warga dapat meningkat bahkan keterampilan dan hasil kerajinan warga dapat disalurkan dengan baik," ujarnya.

Hasman juga menilai lokasi pasar itu sangat strategis berada di jalan lintas menuju kota Rengat, pusat keramaian dan lokasi berdekatan dengan objek wisata yang memiliki potensi berkembang.