Asap Sumsel Menembus Perairan Pesisir Riau

id asap sumsel, menembus perairan, pesisir riau

Asap Sumsel Menembus Perairan Pesisir Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sumatera Selatan dilaporkan menembus hingga wilayah perairan pesisir Provinsi Riau.

Sejumlah warga di Kabupaten Bengkalis, Selasa sore mengatakan, kabut asap terlihat pekat di kawasan perairan yang berbatasan langsung dengan Malaysia itu.

"Di pelabuhan penyeberangan Bengkalis, dekat Sei Pakning, kabut asap sampai pukul 17.00 WIB masih terlihat jelas," kata Usman lewat pesan elektronik.

Hasil pantauan dia, kapal-kapal yang melintas di Selat Bengkalis juga tampak samar akibat terhalang asap.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-Damkar), Mohamad Djalal mengatakan, tidak ada kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kabupaten Bengkalis.

"Asap ini dipastikan kiriman dari daerah lain. Namun dari informasi yang saya terima belum sempat mengganggu aktivitas pelayaran," katanya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan sebagian besar wilayah di Riau kembali dikepung kabut asap kebakaran hutan dan lahan kiriman dari Sumatera Selatan.

"Kabut asap ini baru muncul sekitar pukul 13.00 WIB," kata Analis BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Bibin Sulianto.

Ia menjelaskan, kabut asap yang diindikasi hasil peristiwa kebakaran hutan dan lahan di provinsi tetangga itu baru sampai ke sejumlah wilayah di Riau termasuk Pekanbaru pada siang hari.

"Sementara pagi tadi, sebagian besar udara di Pekanbaru masih aman-aman saja, tidak tercemar asap," katanya.

Walau demikian, lanjut kata dia, jarak pandang masih berada di atas 1.000 meter atau tidak begitu mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.