Gubernur Riau Buka Iven Pacu Jalur Kuansing 2014

id gubernur riau, buka iven, pacu jalur, kuansing 2014

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Gubernur Riau H Annas Maamun membuka langsung iven Pacu jalur Tradisional Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau tahun 2014 di lapangan Limuni Teluk Kuantan.

Pembukaan pacu jalur yang dikuiti sebanyak 146 jalur dari berbagai daerah di Riau dan Provinsi tetangga sangat meriah, jutaan masayarakat dari berbagai daerah memadati Kota teluk Kuantan.

Pembukaan Iven pacu jalur Nasional pada Hari Kamis (21/8) pada jam 12 :30 wib berlangsung dengan baik walaupun kondisi hujan lebat, bahkan situasi ini tidak menurunkan semangat pembukaan pacu jalur tersebut. Ribuan warga menyaksikan pemukanan memadati arena lapangan Limuno bahkan sepanjang jalan di Kota taluk dipenuhi dengan masyarakat.

Sejumlah Muspida Kabupaten Kuantan Singingi Sekretaris Daerah H Muharman, Sejumlah Asisten dan Kepala Dinas, Kepala badan hadir pada saat pembukaan iven nasional tersebut. Selain itu juga di hadiri dari Pejabat Provinsi Riau, Pejabat dari Sejumlah kabupaten tetangga.

Dalam sambutannya Gubernur Riau mengatakan, pemerintah Provinsi Riau siap mendukung suksesnya pergelaran iven pacu jalur tradisional ini, bahkan akan memberikan sejumlah hadiah bagi pemenang dan peserta pacu jalur.

"Saya akan berikan hadiyah berupa uang tunai, dan bahkan tahun 2015 akan diberikan lebih sehingga iven Pacu jalur nasional ini akan lebih besar lagi," kata Gubernur Riau H Annas Maamun di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia juga mengatakan, kalau daerah lain bisa melaksankan iven budaya lebih besar, mengapa Kuansing tidak bisa... Kedepan Provinsi Riau akan memberikan bantuan dan bahan jika perlu iven ini diselenggarakan oleh Provinsi bukan lagi kabupaten agar lebih meriah mendunia.

Sebagai masyarakat tentu bangga jiga pergelaran ini bisa mendatangkan beberapa negara tetangga hingga menjadi aset nasional dan menjadi objek wisata dunia kedepannya. Sebagai Gubernur Riau tentu akan lebih bangga jika Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi menjadikan iven ini lebih besar dan didukung dengan fasilitas yang lebih baik dan besar.

Selain itu, Bupati Kabupaten Kuantan Singingi H Sukarmis dalam sambutannya mengatakan, iven pacu jalur Tradisional ini sudah menjadi agenda pemerintah untuk di selenggarakan setiap tahun, bahkan pemerintah setempat telah mengganggarkan APBD mencapai Miliaran Rupiah untuk terselenggaranya kegiatan ini.

Untuk tahun 2014 ada mencapai 146 jalur yang siap berlaga dari sejumlah kabupaten/ kota se Provinsi Riau dan diikuti juga jalur dari Provinsi tetangga, namun demikian berharap adanya bantuan dan dorongan dari Pemerintah Provinsi agar kegaiatan ini dapat sukses dan lebih besar lagi.

"Kami masyarakat Kuansing berharap iven ini akan sukses dan menjadi iven provinsi maupun nasional secara total," harapnya.

JUTAAN MASYARAKAT PENUHI KOTA TALUK

Sejak dua hari menjelang dibukanya Iven Pacu Jalur Tradisional di Tepian Narosa Kuantan Singingi, masyarakat dari berbagai kabupaten sudah memadati kota jalur ini, seluruh penginapan penuh dan kota taluk bagaikan kota metropolitan, siang malam kegiatan pendukung pacu digelar oleh panitia.

Bahkan kegiatan awal digelar Festival Musik daerah, seni tari dan perlombaan lagu melayu, kegiatan ini diikuti ratusan artis lokal hingga tiap malam Kota Teluk Kuantan penuh di sesaki oleh masyarakat.

Beragam kegiatan yang ditampilkan mulai dari kesenian daerah yang ditampilkan setiap kecamatan, randai, bahkan sejumlah tari kreasi untuk menghibur warga. Situasi ini sangat menyenangkan bagi warga setempat.

Tak kalah menarik adalah semua warga Teluk Kuantan di perantauan ikut hadir pulang kampung menyaksikan kegiatan tahunan daerah ini. Pada tahun 2014 lebih meriah dari iven sebelumnya karena sejumlah kabupaten menurunkan puluhan jalur andalan meraka.

PEDAGANG MEMANFAATKAN KESEMPATAN UNTUK MENGAIS REZEKI

Ribuan pedagang dari berbagai daerah bai itu dari setiap kecamatan di kabupaten Kuantan Singingi dengan menjajakan hasil kerajinan lokal, kue khas daerah sebagai oleh- oleh buat wisatawan yang hadir pada saat iven yang digelar selama empat hari tersebut.

Pedagang dari Kota Pekanbaru, dari kota Padang dan Jakarta juga ikut mengais rezeki dari acara iven nasional ini, sepanjang jalan di Kota Teluk Kuantan hanya bisa dilalui oleh warga karena di padati sekeling kiri kanan jalan oleh penjual pakaian, mainan, minuma dan bahkan berbagai aseories menarik.

Ribuan mobil umum, mobil pribadi dan bahkan hindo milik masyarakat berjajar rapi mengelilingi Kota Teluk Kuantan di bawa oleh pemiliknya bersama rekan kerja, keluarga untuk menyaksikan iven pacu jalur tradisional di tepian narosa teluk Kuantan.