Pemkab Kuantan Singingi Dapat Kuota 47 CPNS

id pemkab, kuantan singingi, dapat kuota, 47 cpns

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, mendapatkan kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil sebanyak 47 orang pada tahun 2014.

"Dari 47 orang itu sebanyak 60 persen dialokasikan untuk tenaga kependidikan sesuai kuota yang ditetapkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Muharman, Senin.

Setelah dijumlahkan, lanjut kata dia, dari 47 kuota CPNS tersebut, sebanyak 28 orang untuk ditempatkan sebagai pengajar atau guru.

Sementara itu, kata dia, 30 persen formasi lain yang akan diterima untuk formasi tenaga kesehatan. Dengan demikian katanya akan ada 14 untuk formasi tenaga kesehatan.

"Baru sisanya atau sekitar 10 persen untuk tenaga adminitrasi atau tenaga strategis lainnya," kata dia.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan formasi jurusan yang akan diterima khusus untuk tenaga kependidikan, tenaga kesehatan dan tenaga strategis itu.

Nanti setelah disusun sesuai kebutuhan, katanya, barulah diusulkan lagi ke MenPAN dan ditetapkan lalu dibuka penerimaan CPNS di daerah.

Mengenai sistem penerimaan, menurut dia tahun ini Pemkab Kuantan Singingi menggunakan sistem "computer asisted test (CST)".

"Karena sistem penerimaan ini sudah harus diterapkan sesuai anjuran Kementrian PAN," kata dia.

Ia mengatakan, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) XII Riau di Pekanbaru yang memiliki sarana dan prasarana memadai untuk menerapkan sistem ujian CAT.

Nanti, kata dia lagi, peserta seleksi akan ikut ujian di Pekanbaru, Kantor BKN XII WIlayah Riau memiliki kemampun menyelenggarakan ujian CAT sebanyak 5 ribu orang untuk sepuluh hari.

"Karena itu peserta atau peminat CPNS untuk belajar menggunakan sistem CAT ini agar berhasil maksimal," katanya. Ia menambahkan, kuota CPNS tahun ini masih diluar harapan dan tahun depan akan lebih banyak jumlah CPNS yang diusulkan ke KemenPAN.