Iven Pacu Jalur Kuansing Akan Diikuti 68 Peserta

id iven pacu, jalur kuansing, akan diikuti, 68 peserta

Iven Pacu Jalur Kuansing Akan Diikuti 68 Peserta

Teluk Kuantan, (Antarariau.com) - Iven Pacu Jalur tradisional rayon Kecamatan Kuantan Hilir di Tepian Lubuok Sobae Baserah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau diikuti sebanyak 68 peserta dari sejumlah kecamatan.

"Pendaftaran telah ditutup oleh panitia tercatat lebih dari enampuluhan jalur yang siap bersaing memperebutkan hadiyah Rp56 juta," kata Ketua Pelaksana Pacu Jalur Tradisional rayon Kuantan Hilir Mardius di Teluk Kuantan, Rabu.

Ia mengatakan, pada perlombaan pacu sampan tradisional tahun 2014 ini ribuan masyarakat sudah siap untuk menyaksikan acara tersebut, puluhan jalur yang sudah menyatakan ikut berpartisipasi sudah menyiapkan timnya dengan baik.

Setiap kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi mengutus Jalur andalannya untuk mengambil bagian dalam iven bergengsi tersebut selain wjuud kepedulian dalam rangka melestarikan kegiatan masarakat setempat.

"Kami sangat berbangga hati dengan pergelaran pacu daerah ini, karena akan membuat meriahnya suasana dan mengundang ribuan penonton memadati lokasi hingga mendatangkan rezeki para pedagang," terangnya.

Panitia Pacu Jalur rayon Kuantan Hilir menyediakan uang tunai sebagai hadiah, totalnya mencapai Rp56 juta, dimana juara pertama akan mendapatkan sebesar Rp16 juta, untuk Juara II sebesar Rp12 juta dan Juara III sebesar Rp8 juta.

"Sementara Jalur yang masuk 10 besar juga akan diberi hadiah hiburan," ucapnya.

Salah satu warga Teluk Kuantan yanti (45) mengatakan, iven pacu yang digelar setiap tahun adalah sebagai bentuk hiburan masyarakat setempat, manfaat dari kegiatan tersebut bukan saja buat pedagang tetapi warga setempat mendapatkan hiburan.

"Saya bangga atas digelarnya iven tersebut, sebaiknya juga di gelar pasar tradisonal yang menjajakan hasil kerajianan warga sebagai oleh- oleh buat penonton," katanya.