Pemkab Inhu Bentuk Tim Penanggulangan Bencana Karhutla

id pemkab inhu, bentuk tim, penanggulangan bencana karhutla

Pemkab Inhu Bentuk Tim Penanggulangan Bencana Karhutla

Rengat, (Antarariau.com) - Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, telah membentuk tim antisipasi penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan yang diperkirakan pada musim panas yang akan datang dimanfaatkan sekolompok pengusaha membakar hutan.

"Tim ini di Ketuai Wakil Bupati Indragiri Hulu, Harman Harmaini," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Indragiri Hulu, M Bayu SH di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan, untuk keterangan lebih lanjut dan sempurna sebaiknya langsung kepada Ketua Tim yang telah terbentuk sehingga keterangan yang didapat lebih lengkap agar konsumsi publik lebih akurat.

Namun, terkait penanggulangan ini pihak Pemerintah daerah telah melibatkan sejumlah Satker dan Instansi terkait sehingga penanganannya lebih konprehensif. Karena ke depan semua berharap datangnya musim panas tidak terjadi pembakaran lahan dan hutan di daerah ini yang dapat merugikan masyarakat.

Wakil Bupati Indragiri Hulu, Harman Harmaini di konfirmasi membenarkan bahwa sudah terbentuknya satuan kordinasi pelaksanaan (satkorlak) kebakaran hutan dan lahan yang melibatkan jajaran instansi terkait yakni Kodim, kepolisian, kejaksaan, pengadilan dan instansi pemerintahan seperti BLH, Dinas kehutanan, Perkebunan dan jajaran di kecamatan.

"Berdasarkan pantauan dan laporan dari Satkorlak satelit NOAA untuk saat ini belum ditemukan adanya titik api," sebutnya.

Namun sewaktu waktu ada tanda tanda timbulnya titik api dan apa bila ditemukan titik api kita langsung pantau ke lokasi atau ke lapangan yang dicurigai adanya titik api tersebut, namun sejauh ini belum ditemui adanya titik api sebab dari pantauan hot spot panas yang diterima satelit NOAA belum tentu adanya titik api, sebab yang dideteksi satelit tersebut adalah titik panas.

"Kami berharap kegiatan ini akan lebih optimal," ucapnya.

Untuk memaksimalkan kinerja Satkorlak, pihaknya melibatkan pihak kecamatan dan desa, ke depan diharapkan apa bila ditemukan titik api pihak desa secepatnya menyampaikan kepada pihak kecamatan dan pihak kecamatan secepatnya melaporkan kepada Bupati Indragiri Hulu.

"Akan segera menginstruksikan kepada bidang penanggulangan yakni Dinas Kehutanan dan Dinas Perkebunan untuk berbuat," sebut Harman.