Telkomsel Sumbagteng Antisipasi Lonjakan "Traffic" Saat Ramadhan

id telkomsel sumbagteng, antisipasi lonjakan, traffic saat ramadhan

Telkomsel Sumbagteng Antisipasi Lonjakan "Traffic" Saat Ramadhan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Perusahaan operator telekomunikasi PT Telkomsel Area Sumatera Bagian Tengah melakukan peningkatan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan "traffic" saat bulan puasa Ramadhan tahun ini.

"Persiapan telah dilakukan secara simultan seiring tren kenaikan layanan telepon, pesan singkat, dan juga layanan data," kata General Manager ICT Operation Telkomsel Region Sumbagteng, Ahmad Wahyudi, pada pernyataan pers di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan, kesiapan perangkat pendukung seperti menara BTS (base tranciever station) Telkomsel sebanyak sekitar 7.250 sudah terpasang di wilayah Sumbagteng yang meliputi Provinsi Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau, baik itu BTS 2G dan 3G. "Kami optimis mampu melayani perkiraan lonjakan yang mungkin terjadi, karena selalu saja terjadi kenaikan traffic pada setiap Ramadhan," ujarnya.

Manager Network Service Telkomsel Pekanbaru, Hasan Budiono, menambahkan bahwa selama Ramadhan 2013 lonjakan untuk layanan telepon meningkat 10 persen, kenaikan SMS 20 persen, dan layanan data naik 30 persen. Berdasarkan data itu, lanjutnya, manajemen telah meningkatkan layanan yang bisa mengantisipasi lonjakan hingga dua kali lipatnya.

"Layanan nanti bisa melayani lonjakan hingga 20 persen untuk voice, dan 50 persen untuk SMS," katanya.

Khusus untuk layanan data, lanjutnya, Telkomsel mengantisipasinya hingga bisa mencapai 60 persen. Ia mengatakan, perkiraan kenaikan lonjakan data seiring dengan pertambahan jumlah pelanggan untuk penggunaan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan program pesan seperti BBM, WhatsApp, dan WeChat.

"Sebagian masyarakat kini lebih banyak gunakan jejaring sosial untuk mengucapkan selamat berpuasa maupun berbuka puasa selama Ramadhan," katanya.

Selain peningkatan kapasitas jaringan, ia mengatakan Telkomsel juga mempersiapkan layanan ketersediaan produk untuk pengisian pulsa. Sebab, berdasarkan data Telkomsel, terdapat kenaikan pengisian pulsa selama Ramadhan hingga mencapai 62 persen pada tahun lalu.

"Tahun ini kita juga lebih kencang karena adanya layanan gateway terbaru," katanya.

Ia menambahkan, Telkomsel juga menyediakan program promo tarif dari setiap produk prabayar maupun pascabayar selama Ramadhan.