Demonstran Kecewa Anggota DPRD Riau Tidak Satupun di Tempat

id demonstran kecewa, anggota dprd, riau tidak, satupun di tempat

Demonstran Kecewa Anggota DPRD Riau Tidak Satupun di Tempat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gabungan demonstran yang melakukan aksi di DPRD Riau terpaksa menelan kekecewaan karena tidak satu pun wakil rakyat hadir dalam menyambut aspirasi mereka yang menuntut disahkannya Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau.

"Saya minta agar kami jangan dibohongi, mana mungkin tidak ada satu pun anggota dewan yang hadir di hari kerja seperti ini," kata salah seorang demonstran dari Himpunan Mahasiswa Rokan Hilir Zulfikar di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengaku sangat kecewa, terlebih akhirnya aspirasi tersebut hanya disampaikan melalui Sekretaris DPRD Riau Zulkarnain Kadir mewakili 55 orang jumlah anggota DPRD Riau.

"Kami ingin mendengar langsung tanggapan dari orang-orang yang mewakili rakyat Riau. Kalau Sekwan hanyalah bagian dari Pemerintah Provinsi Riau dan bukan wakil rakyat," serunya.

Zulkarnain Kadir sebagai Sekwan DPRD Riau menerima perwakilan para demonstran dan menyatakan setuju dengan tuntutan demonstran serta akan menyampaikannya kepada semua unsur pimpinan yang ada di DPRD Riau.

"Kami akan sampaikan aspirasi saudara-saudara kepada pimpinan DPRD, ketua fraksi, dan ketua komisi," jawabnya.

Terkait tentang tidak adanya satu pun anggota DPRD Riau dalam menyambut demonstran, dia mengatakan bahwa seluruh wakil rakyat sedang melakukan observasi ke luar daerah.

"Anggota DPRD saat ini semuanya melakukan observasi, tapi sore nanti akan kembali. Karena ada sidang paripurna nanti malam," lanjutnya.

Sebelumnya ratusan orang dari berbagai organisasi masyarakat (ormas) di Riau melakukan demonstrasi di gedung DPRD Riau menuntut disahkannya Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) provinsi tersebut oleh Kementrian Kehutanan karena menghambat pembangunan.

Aksi demonstrasi itu sendiri melibatkan ratusan massa dari berbagai ormas dan mahasiswa. Selain Pemuda Pancasila Riau, terdapat juga massa yang menamakan diri Gerakan Rakyat (Gerak) Riau.

Dari kalangan mahasiswa terlihat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Himpunan Mahasiswa Rokan Hilir.

Massa tersebut melakukan orasi di luar pagar gedung DPRD Riau yang telah dikunci oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Setdprov Riau sebagai penjaga gedung tersebut dan demonstrasi itu hanya dikawal oleh beberapa polisi.