Meranti baru miliki mobil damkar baru setelah 12 tahun, Bupati minta dimaksimalkan

id Mobil damkar di Meranti,Mobil damkar baru di Meranti ,Satpol PP Meranti,Plt Bupati Meranti

Meranti baru miliki mobil damkar baru setelah 12 tahun, Bupati minta dimaksimalkan

Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) Asmar didampingi Kepala Satpol PP dan Damkar Tunjiarto melihat satu unit mobil operasional baru di kantor Satpol PP, di Jalan Merdeka, Selatpanjang, Rabu (24/7/2024). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) Asmar meminta kepada dinas terkait agar memfungsikan mobil pemadam kebakaran (damkar) dengan maksimal, setelah hampir 12 tahun baru terealisasi.

"Kita patut bersyukur, hari ini damkar sudah ada mobil baru, karena mobil sebelumnya yang dibeli tahun 2012 sudah tua dan rusak parah sehingga pelayanan pemadam kebakaran jadi terhambat. Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk melayani masyarakat," harap Asmar saat menyambangi Kantor Satpol PP Damkar diSelatpanjang, Rabu.

Dalam kesempatan itu,Asmar juga meminta agar mobil damkar yang lama untuk diperbaiki sehingga dapat kembali difungsikan dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Satpol PP Damkar Kabupaten Kepulauan Meranti Tunjiarto, melalui Kepala Bidang Damkar Raja Yusran menjelaskan, pengadaan mobil damkar ini merupakan kebutuhan mendesak karena armadadamkar yang dimilki sebelumnya telah mengalami kerusakan dimakan usia.

"Kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas dukungan Pak Bupati, sehingga mobil yang representatif ini terealisasi setelah hampir 12 tahun penantian, mudah-mudahan dengan adanya mobil baru ini, pelayanan damkar kepada masyarakat dapat lebih maksimal," ungkap Yusran.

Raja menambahkan, selama ini pihaknya tidak bisa maksimal membantu memadamkan kebakaran karena kondisi unit Damkar yang tidak memadai.

"Mobil yang kita punya ini umurnya tua karena dimakan usia, pengadaannya pada tahun 2012. Sebenarnya, kita sudah lama melakukan perencanaan untuk pengadaan mobil baru, bahkan sejak tahun 2016, namun anggarannya sering dicoret," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, mobil damkar tersebut menggunakan casis Mitsubishi dengan kapasitas tangki 3.000 liter dilengkapi peralatan pendukung pemadam kebakaran.

Usai meninjau Mobil Damkar, Plt Bupati Asmar juga meninjau mobil pengangkut sampah baru yang sedang beroperasi di tempat pembuangan sampah sementara di Jalan Tanjung Harapan, dekat pasar modern Selatpanjang.