Jajaran Satpol PP akan dicek urine, Bupati Meranti : Terbukti narkoba saya pecat

id Satpol PP Meranti ,Banpol PP akan dicek urin ,Bupati Meranti Adil

Jajaran Satpol PP akan dicek urine, Bupati Meranti : Terbukti narkoba saya pecat

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Muhammad Adil memberikan arahan saat gelar Apel Pasukan Banpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) di Markas Satpol PP Selatpanjang, Kamis (14/7/2022). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Bupati Kabupaten Kepulauan MerantiMuhammad Adil mengingatkan seluruh jajarannya agar tidak menggunakan narkoba, terutama di jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Apalagi dirinya mendapat informasi bahwa ada sejumlah anggota yang berpotensi bisa merusak citra di perangkat pemerintah daerah itu, lantaran masih terlibat dengan barang haram. Untuk itu, dia meminta dilakukan tes urine secara mendadak dan jika terbukti akan langsung dipecat.

"Saya dengar ada yang masih menggunakan narkoba, nanti saya cek urine mendadak. Kalau terbukti langsung saya pecat," ujar Bupati Adil dalam Apel Gelar Pasukan Banpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) di Markas Satpol PP Selatpanjang, Kamis.

Sebagai garda terdepan dalam penegakan peraturan daerah (Perda), Bupati Adil meminta Satpol PP mendukung penuh upaya Pemkab Meranti dalam meningkatkan pendapatan daerah dari sektor retribusi dan pajak.

Ia tak mau perangkat daerah penegak Perda ini dalam menjalankan tugas tak sesuai dengan tupoksi yang diberikan. Menurutnya, hal itu diperlukan untuk menjalankan program pembangunan serta jaminan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat.

"Tegakkan aturan, jangan ditutupi karena saudara adalah penegak Perda. Segel saja kalau ada yang melanggar aturan. Jika tidak sanggup silakan mengundurkan diri. Dan Kasatpol PP awasi anggotanya, yang masih main mata pecat saja," tegas Adil.

Di samping itu, mantan anggota legislatif Riau itu juga meminta tenaga Banpol PP dan Damkar untuk memanfaatkan program Meranti cerdas yang dilaksanakan pemerintah kabupaten. Program ini, kata dia, guna meningkatkan kualitas dalam menjalankan tugas.

"Ambil jurusan hukum karena akan membantu dan menunjang tugas saudara sebagai penegak Perda," ujarnya.

Jika sudah bebas dari narkoba dan memiliki kualitas dalam menjalankan tugas, tidak ada alasan lain lagi bagi Bupati untuk memenuhi janjinya dalam memberikan besaran gaji kepada tenaga Banpol PP dan Damkar.

Ia telah memerintahkan Pimpinan Satpol PP Kepulauan Meranti untuk berkoordinasi dengan Bappeda dan BPKAD terkait penyesuaian gaji tersebut.

"Kasat (Pol PP) koordinasikan terkait gaji, D3 Rp1.5 juta dan S1 Rp2 juta," kata Bupati Adil.