Disdik Dumai: 10 Sekolah Terapkan PPDB Online

id disdik dumai, 10 sekolah, terapkan ppdb online

Disdik Dumai: 10 Sekolah Terapkan PPDB Online

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Dumai menyatakan, 10 sekolah baik Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat akan menerapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem online pada 23 Juni 2014.

"Penerimaan siswa baru sistem online ini hanya untuk sepuluh sekolah SMA, SMK dan SMP negeri," kata Kepala Bidang Mutu dan Tenaga Kependidikan Disdik Kota Dumai Misdiono di Dumai, Selasa.

Dia menjelaskan, sepuluh sekolah tersebut ialah SMAN Binaan Khusus, SMAN 1, SMAN 2, SMKN 1, SMKN 2, SMPN Binaan Khusus, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3 dan SMPN 4 yang ada di kota pelabuhan tersebut.

Teknis penerimaan siswa baru online ini, jelasnya, seorang siswa tetap datang ke sekolah yang diinginkan guna mendaftar secara manual untuk selanjutnya diarahkan mengisi biodata dan pendaftaran pada website resmi panitia.

Pihaknya mulai memberlakukan penerimaan peserta didik baru dengan sistem online terhitung mulai tahun ajaran 2011/2012 pada beberapa sekolah saja.

Melalui PPDB online ini, lanjutnya, pemerintah membuka kesempatan luas pada seluruh pelajar agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya sesuai dengan sekolah yang dituju.

"Sistem online ini sudah 3 tahun lalu kita mulai, bertujuan memudahkan calon siswa mendaftar sekolah lanjutan dan dalam rangka transpransi dalam proses penerimaan siswa baru," jelasnya.

Dengan sistem online, maka penerimaan peserta didik baru akan diproses sebagaimana mestinya berdasarkan kemampuan akademik siswa tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

"Diharapkan tidak ada celah masuk bagi pihak-pihak tertentu untuk menitipkan siswa, karena peserta didik yang diterima berdasarkan penilaian kemampuan akademik di sekolah," terangnya.

Disdik Kota Dumai pada 20 Mei 2014, telah mengumumkan kelulusan pelajar SMA sederajat dengan 5 siswa tidak lulus dari jumlah total peserta ujian nasional (UN) mencapai 3.766 siswa.

Persentase kelulusan pelajar SMA sederajat tahun ini dinyatakan mencapai 99,89 persen dan menempatkan Kota Dumai berada pada peringkat 3 terbaik dari 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau.