Pertamina Patra Niaga Sumbagut sebar bibit pohon gratis di Pekanbaru

id bibit, pohon, pertamina,patraniaga,patra niaga

Pertamina Patra Niaga Sumbagut sebar bibit pohon gratis di Pekanbaru

Ratusan bibit pohon dibagikan gratis oleh Pertamina Patra Niaga Sumbagut sempena peringati hari lingkungan hidup di Pekanbaru beberapa hari lalu. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Sempena memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera bagian utara (Sumbagut) melalui Fuel Terminal Sei Siak membagikan ratusan bibit pohon kepada warga di Pekanbaru.

Bagi-bagi bibit pohon gratis ini digelar pada kegiatan di area Car Free Day (CFD), dikawasan Jl. Jend. Sudirman, Pekanbaru,dengan melibatkan berbagai stakeholder terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru, Mapala Gaharu (Mahasiswa Pecinta Alam Politeknik Caltex Riau), Sahabat Alam Arvi (Komunitas Pecinta Alam Se-Pekanbaru), serta pekerja dari PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Sei Siak.

“Kegiatan bagi-bagi pohon ini merupakan aksi nyata peran BUMN dalam mencegah efek dari global warming dan melestarikan lingkungan. Selain itu, manfaat dari bagi-bagi pohon ini dapat dirasakan banyak pihak, sehingga secara tidak langsung masyarakat juga turut berpartisipasi dalam upaya melestarikan lingkungan”, ucap Senior Supervisor Fuel Terminal Sei Siak, Muhammad Rifki Ali melalui pesan di Pekanbaru, Selasa.

Peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini mengambil tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadlilan”.

Muhammad Rifki Ali menyebut ada sebanyak 250 bibit pohon dibagikan secara gratis dalam kegiatan tersebut, terdiri dari 100 bibit buah alpukat, 50 bibit buah rambutan, 50 bibit pohon matoa dan 50 bibit pohon mahoni yang didukung oleh DLH Kota Pekanbaru.

Pemilihan bibit ini bukan tanpa alasan, selain terlihat mudah dalam perawatan, buah alpukat dan buah rambutan mudah berbuah. Daun buah alpukat dan rambutan juga termasuk daun yang rindang, sehingga dapat membuat suasana di sekitar pohon menjadi sejuk.

Sementara Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru Ahmed Reza Pahlevi menambahkan, bahwa kegiatan ini mendorong pemerintah untuk bersinergi dengan BUMN dalam menjaga lingkungan, terlebih pada kampung halaman sendiri.

"Kegiatan minggu pagi ini merupakan salah satu penerapan dari Sustainable Development Goals (SDGs) poin 13 yakni Penanganan Perubahan Iklim melalui bagi-bagi pohon dan poin 15 Ekosistem Daratan, kami sangat apresiasi kegiatan ini," tambahnya.