Pemkot Dumai Usulkan Rekrut 1.001 CPNS

id pemkot, dumai usulkan, rekrut 1001 cpns

 Pemkot Dumai Usulkan Rekrut 1.001 CPNS

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau mengusulkan kebutuhan sebanyak 1.001 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS) ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada 2014 untuk memenuhi kebutuhan aparatur daerah.

"Ada tiga formasi yang diajukan yaitu tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis dengan jumlah total sebanyak 1.001 calon pegawai," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Dumai Sepranef Syamsir di Dumai, Jumat.

Lanjut dia mengatakan, pengajuan 1.001 orang CPNS itu diutamakan untuk mengisi formasi tenaga teknis sebesar 60 persen dan sisanya untuk pemenuhan pegawai pemerintah bidang pendidikan dan kesehatan dengan jenjang pendidikan minimal D3.

Kemudian, dari formasi yang diajukan juga telah berdasarkan alokasi belanja pegawai yang disesuaikan dengan kemampuan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Dumai.

"Kebutuhan pegawai ini telah diperhitungkan dengan kemampuan anggaran daerah untuk pembiayaan belanja aparatur sipil daerah," terangnya.

Usulan penambahan pegawai tersebut, menurutnya, juga untuk menutupi kekurangan personil abdi pemerintah pelayan masyarakat yang sudah atau akan memasuki masa pensiun pada tahun ini.

Dalam pengajuan kebutuhan CPNS, pihaknya telah menyampaikan proposal usulan yang telah dilengkapi dengan berbagai persyaratan diantaranya, kajian teknis kebutuhan pegawai, analisa jabatan dan beban kerja serta dokumen proyeksi perkiraan PNS.

"Tujuan dari kebutuhan pegawai ini, kita mengharapkan dapat meningkatkan pelayanan pemerintah kepada publik agar lebih optimal dan prima. Namun petunjuk lebih lanjut, masih menunggu keputusan pemerintah pusat," sebutnya.

Ketua DPRD Kota Dumai Zainal Effendi berharap, agar dalam sistem rekrutmen CPNS tersebut lebih mengutamakan putra-putri tempatan supaya dapat mengurangi angka pengangguran yang ada.

"Harapan kita, anak tempatan diberi prioritas utama karena tujuan dari pembangunan itu ialah mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.