Pemerintah Kabupaten Karimun gandeng Universitas Riau susun dokumen persampahan

id Unri

Pemerintah Kabupaten Karimun gandeng Universitas Riau  susun dokumen persampahan

Pemerintah Kabupaten Karimun saat berkunjung ke Kampus Universitas Riau (Unri) Selasa (26/3/2024) dalam upaya menjajaki kerja sama menyusun dokumen persampahan. ANTARA/HO-Humas Unri.

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karimun menggandeng Universitas Riau (Unri) untuk menyusun dokumen rencana induk penanganan dan pengelolaan persampahan atau perencanaan teknis dan manajemen persampahan di Kabupaten Karimun.

"Dokumen rencana induk persampahan perlu disusun sesegera mungkin agar dapat menjadi patokan bagi penelitian jangka panjang dan menengah," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun Rita Agustina di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Rita, penyusunan dokumen rencana induk persampahan tersebut membutuhkan tenaga ahli bersertifikat yang berpengalaman di bidangnya dari Unri, disamping itu juga membutuhkan data.

Data-data yang dibutuhkan itu bisa berupa angka dan peta, lokasi studi dan sistem penanganan sampah berdasarkan hasil pengumpulan data primer dan sekunder.

"Bagi saya, bekerja sama dengan Unri seperti kembali ke pangkuan orang tua, karena Unri merupakan tempat saya kuliah di jurusan teknik sipil," kata Rita.

Pihaknya berharap cakupan kerja sama lebih luas dan kompleks lagi demi kemajuan Unri dan pemerintah kabupaten.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Sistem Informasi Unri Sofyan Husein Siregar mengatakan Unri mengapresiasi kerja sama dimaksud, yang menjadi langkah awal untuk membuat sesuatu yang besar antaraUnri dan Pemerintah Kabupaten Karimun.

"Setelah kerja sama ini disepakati ke depan Unri akan melakukan kesepakatan kerja sama dengan cakupan yang lebih luas, bisa jadi bidang pendidikan, ekonomi dan penelitian pengembangan, dan lain lain," kata Sofyan.

Karena itu Unri berharap kerja sama itu dapat berjalan dengan baik sesuai dengan koridor yang telah ditentukan dan dapat memberikan manfaat untuk kemajuan kedua belah pihak.