Atasi Kemacetan, Pemkab Inhu Akan Bangun Jalan Lingkar

id atasi, kemacetan pemkab, inhu akan, bangun jalan lingkar

 Atasi Kemacetan, Pemkab Inhu Akan Bangun Jalan Lingkar

Rengat, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, akan membangun jalan lingkar Kota Rengat untuk mengatasi kemacetan akibat kerusakan jalan nasional menuju Tembilahan yang tak kunjung teratasi.

"Pembangunan jalan baru ini akan meningkatkan mobilitas warga serta membantu petani memudahkan pemasaran hasil panen mereka," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Indragiri Hulu H Aswardi melalui Kabid Bina Marga Yandrianto ST di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, kondisi jalan seperti sekarang juga memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas, apalagi sejalan dengan pertambahan penduduk kendaraan yang lewat makin padat.

Dikatakan, pembangunan ruas jalan baru yang akan disebut jalan lingkar Rengat-Kuala Cenaku ini mulai dari belakang kantor Camat Rengat yang lama di Azki Aris menuju Desa Rawa Asri - Desa Rawa Skip serta Rawa Mangun sampai ke Kuala Cenaku. Total panjang jalan itu sekitar 20 KM.

Pada 2014 ini direncanakan akan dibangun jalan lingkar tersebut sekitar 17 KM. Sisanya akan diusulkan pada APBD 2015 mendatang. Tahap pertama pembangunan membutuhkan dana mencapai Rp3,4 Miliar, sisanya akan dianggarkan tahun berikutnya.

Ia mengatakan, pembangunan jalan lingkar lebih efisien dan sekaligus bisa dilakukan pembangunan turap penahan tebing.

Pembangunan jalan lingkar tidak lagi memerlukan ganti rugi dan lebar badan jalan juga sudah memadai.

Sepanjang ruas jalan baru itu pembangunan daerah sekitar akan berkembang, sedangkan warga menuju ke dearah Tembilahan (Inhil) melewati jalan baru itu.

Selama pembangunan jalan lingkar tersebut dan menjelang difungsikan, kerusakan ruas jalan lama harus tetap diperbaiki. sehingga arus lalu lintas dari Rengat - Tembilahan atau sebaliknya tetap bisa berjalan lancar.

Lebih jauh dijelaskan, pada 2014 ini pihaknya tetap mengusulkan berbagai perbaikan jalan rusak tersebut, dengan harapan bisa diakomodir dari dana APBN, serta sejumlah ruas jalan provinsi yang perlu diperbaiki juga diusulkan dalam APBD Riau.